oleh

Topang Ketahanan Pangan, Bupati Arusani Galakan Penananaman Ubi

Batauga, HarapanSultra.COM | Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani menyebut perlunya digalakan penanaman ubi oleh masyarakat untuk menopang ketahanan pangan terutama dimasa pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Ketua PDIP Busel itu saat menghadiri acara Panen Raya Ubi Kayu di Desa Bola Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan (Busel) Milik Kelompok Tani Bente Binaan Dinas Pertanian, Selasa 14 Juli 2020

” Ubi LaHumbu ini cocok karena jenisnya cepat berkembang dan umur panennya hanya 4 sampai 5 bulan saja,” Tutur Arusani

Selain itu lanjutnya setelah dibuat menjadi tepung berbahan ubi, selanjutnya dapat menjadi bahan pembuatan berbagai bahan makanan dan aneka kue .

“Apalagi sekarang sudah ada Tepung Kaopiku yang di produksi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Bangun Sejahtera,” Jelasnya

Dalam sambutannya Kepala Desa Bola, La Salimuna menjelaskan bahwa Jenis Ubi yang ditanam di desanya adalah Jenis LaHumbu dengan luas 16 Ha, dengan hasil perheltar sekitar 20 ton serta penanamannya ditumpang sari dengan jenis tanaman jangka pendek lain seperti Jagung, kacang tanah dan sayuran.

“Saya mengharapkan bantuan Pak Bupati untuk pengembangan produk Masyarakat desa Bola, baik peralatan maupun hasil olahan untuk dapat dipasarkan secara luas,” Harapnya

Ditempat yang sama Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Buton Selatan. La Hardin, S. Pd. MM menyampaikan bahwa saat ini sedang dibangun Rumah Kreatif untuk menampung, memasarkan hasil produk UKM lokal seperti, Tepung Kaopiku, Kopi Rongi, Kopi Hendea, Tenunan, Abon ikan dan berbagai produk lainnya.

“Rumah kreatif sedang dibangun untuk melaksanakan semua itu,” Singkatnya

Pewarta : Abady Makmur

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA