oleh

Wungkolo Raya “Surga Tersembunyi” Di Konkep

Konkep, HarapanSultra.COM | Wungkolo Raya merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di kujungi saat berwisata alam ke Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Objek yang mencakup dua desa yaitu Desa Wawoone dan Desa Wungkolo, Kecamatan Wawonii Selatan itu menawarkan berbagai spot menarik untuk dijelajah para pendaki dan juga komunitas pencinta alam.

Adapun spot yang menarik wilayah tersebut adalah pendakian puncak gunung Iwoi Mokula, permandian air panas Iwoi Mokula, air terjun pendek, air terjun tinggi, gua, sumur air panas dan danau Iwoi Mokula yang menjanjikan keindahan yang sangat luar biasa.

Salah satu pendaki asal Kolaka timur Awal kurniawan yang berhasil menjelajah alam Wawonii Selatan Senin, (4/1/2021) mengatakan cuaca di Wungkolo Raya sangat sejuk dan masih sangat alami serta terdapat banyak spot wisata yang bagi pecinta alam rugi jika tidak dikunjungi.

Kendati demikian, ia menilai objek wisata tersebut masih kurang mendapat perhatian dari Pemerintah baik Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi.

Awal Kurniawan, saat berfoto di salah satu spot Wisata Wungkolo Raya
Awal Kurniawan, saat berfoto di salah satu spot Wisata Wungkolo Raya

Untuk itu ia berharap agar para pemuda di Wungkolo Raya dapat secara mandiri mengembangkan objek wisata yang belum banyak terjamah itu agar dapat menunjang perekonomian masyarakat di daerah Wungkolo Raya.

“Jika ini dikelola dengan baik, saya percaya ini dapat mensejahterakan masyarakat sekitarnya,” Ujar Awal Kurniawan

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Wungkolo mengaku sangat bersyukur dengan datangnya para pendaki ke daerahnya, hal tersebut menurutnya akan membawa citra positif objek wisata alam tersebut hingga keluar daerah.

Menurutnya pembangunan objek-objek wisata di wilayah itu sempat tertunda akibat minimnya anggaran yang tersedia namun dengan hadirnya beberapa pendaki serta pemuda yang tergabung dalam Himpunan Pemuda, Pelajar, Mahasiswa Wungkolo Raya sebagai salah satu paguyuban di daerah untuk melakukan kajian serta diskusi membawa harapan baru agar kedepan mampu membangun destinasi wisata untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

“Kita menaruh harapan besar terhadap para generasi muda ini,” Tuturnya

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Pemuda, Pelajar, Mahasiswa Wungkolo Raya, Iwan Husain mengharapkan dukungan pemerintah dan masyarakat agar mampu membangun destinasi wisata alam yang ada di Wungkolo Raya.

Kendatipun kurang mendapat perhatian dari pemerintah Kabupaten dan Provinsi namun semangat pemuda dan dukungan dari beberapa mahasiswa yang mendaki diharapkan mampu membawa perubahan yang berharga buat pembangunan destinasi tersebut.

Spot Wisata Alam Wungkolo Raya
Spot Wisata Alam Wungkolo Raya

Selaku tokoh pemuda dan Ketua Umum paguyuban di daerahnya ia memotivasi pemuda-pemudi bahwa potensi wisata yang ada di Wungkolo Raya adalah surga yang tersembunyi di Konawe Kepulauan dan menjadi pekerjaan rumah besar bagi pemuda untuk memajukan perekonomian daerah melalui pariwisata alam.

” Semoga dengan niat yang baik juga dukungan mahasiwa dari beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah, terkhusus Kepala Desa di wilayah Wungkolo Raya mampu memperbaiki serta menunjang perekonomian masyarakat lewat pembangunan destinasi wisata alam,” Pungkasnya.

 

Laporan : AK

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA