oleh

24 Relawan Tagana Bombana Ikuti Pelatihan Pemantapan Penanggulangan Bencana

Bombana, HarapanSultra.COM | Dinas Sosial Kabupaten Bombana menggelar pelatihan peningkatan kompetensi untuk 24 orang relawan Tanggap Bencana (Tagana) yang di buka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana, Drs Man Arfa.,M.Si, Kamis (08/07/2021).

Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kapasitas relawan dalam penanganan bencana di Bombana dengan di latih langsung oleh instruktur berpengalaman dari Tagana Provinsi Sulawesi Tenggara yang di undang khusus untuk membawakan materi pelatihan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bombana, Husrifnah Rahim, ST,. M.Si mengatakan Kabupaten Bombana merupakan salah satu Kabupaten yang paling sering terkena bencana dan memiliki tingkat risiko bencana yang cukup tinggi.

“Kita harus selalu siap siaga dalam menghadapi dan pengelolaan penanggulangan bencana, olehnya itu kita membutuhkan Tim Tagana yang cepat, tanggap dan tepat sasaran dalam menangani bencana sehingga korban bencana mampu secepatnya pulih dan beraktivitas kembali ,” kata Husrifnah.

Husrifnah juga membeberkan tagana merupakan salah satu relawan di bidang kebencanaan yang berasal dari masyarakat, organisasi sosial, maupun individu yang mana secara khusus di latih di bidang kebencanaan baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara serta Pemerintah Kabupaten Bombana.

“Melalui pelatihan pemantapan tagana bidang shelter lapangan, dapur umun, logistik dan phisiko sosial diharapkan mampu meningkatkan kapasitas kemampuan dan keterampilannya, sehingga dalam upaya penanggulangan bencana pada saat maupun pasca bencana, mereka sanggup memberikan perlindungan sosial bagi korban bencana,” tandas mantan Plt. Kepala Bappeda ini.

Tagana Bombana saat menjalani pelatihan
Tagana Bombana saat menjalani pelatihan

Sementara salah Satu Tim Praktisi Tagana Provinsi Sulawesi Tenggara, Ferry mengungkapkan dengan berdasarkan pada kondisi dan tingkat kerawanan serta wilayah kerja yang cukup luas sudah seharusnya jumlah tim Tagana yang ada di Bombana jumlahnya di tambah dari yang ada saat ini.

“Sangat perlu di tambah jumlah tim Tagana yang ada di Bombana, minimal satu Kecamatan satu orang jadi apabila ada bencana yang terjadi di satu Kecamatan apalagi di kepulauan Kabaena bisa dengan cepat melaporkan kondisi yang ada,” ucapnya

Ferry juga mengharapkan dengan pelatihan kali ini semua peserta bisa memahami dan melaksanakan sesuai dengan apa yang telah di pelajari.

“Semoga dengan pelatihan ini Tim Tagana Kabupaten Bombana lebih profesional dan lebih responsif lagi di lapangan,” harapnya

Pewarta : Muh. Adnan

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA