oleh

30 anggota DPRD Muna Dipastikan Duduk, 9 dari Caleg Incumbent ikut bertahan.

-Head Line-19.324views

MUNA, Harapansultra.Com – Berdasarkan hasil pemungutan suara dipemilihan umum legislatif (Pileg) tahun 2019 Kursi DPRD Muna dipastikan banyak diisi wajah-wajah politisi pendatang baru. Dari 30 anggota DPRD (4 mencalonkan diri DPRD Sultra, 1 tidak nyaleg dan 1 Calon DPD), yang dipastikan tetap bertahan dan akan duduk kembali hanya 9 orang untuk periode tahun 2019-2024.

Yakni, Agustini Muhaimin asal PAN Dapil I, La Usa asal Golkar Dapil II, La Ode Iskandar asal PDI-P Dapil III, Sumiadi asal Golkar Dapil VI, Irwan asal Hanura Dapil VI, Syukri asal Demokrat Dapil VI, La Ode Dyrun asal Golkar Dapil V, Awal Jaya Bolombo asal Demokrat Dapil IV dan La Ode Saemuna asal Hanura Dapil II. Kepastian itu berdasarkan hasil perhitungan pada formulir C1 dan real count dari masing-masing Partai Politik (Parpol).

Sementara untuk perolehan kursi terbanyak adalah Hanura dengan posisi 5 kursi. Kemudian, Demokrat 4 kursi, PDI-P 4 kursi, Golkar 4 Kursi, PKB 4 kursi, Gerindra 3 kursi, NasDem 2 kursi, PKS 2 kursi, PAN 1 kursi dan PPP 1 kursi.

Adapun nama-nama Caleg peraih suara terbanyak sebagai berikut :
Golkar
1. La Usa Male (Dapil 2)
2. Sumiadi (Dapil 6)
3. Muh. Natsir Ido (Dapil 4)
4. La Ode Dyrun (Dapil 5)

PAN
1. Agustini Muhaimin (Dapil 1)

Hanura
1. Irwan (Dapil 6)
2. Zahrir Baitul (Dapil 1)
3. Risna djuli (Dapil 5)
4. LM Sahlan (Dapil 4)
5. La Saemuna (Dapil 2)

PDIP
1. Andi Sapri (Dapil 6)
2. La Ode Iskandar (Dapil 3)
3. La Ode Ismail Munajat (Dapil 1)
4. Anwar (Dapil 5)

Demokrat
1. Awal Jaya Bolombo (Dapil 4)
2. Cahwan (Dapil 1)
3. Sukri (Dapil 6)
4. Harmini (Dapil 3)

PKB
1. Sarif Ramadan (Dapil 6)
2. La Ode Ando (Dapil 4)
3. La Sarima (Dapil 5)
4. Muh Alang (Dapil 3)

PPP
1. Aswarhadi Dulu (Dapil 1)

Gerindra
1. La Ode Gerson Kadaka (Dapil 1)
2. Moh. Iksanudin Makmun (Dapil 2)
3. Ilham Tang (Dapil 6)

PKS
1. Wa Nurnia (Dapil 2)
2. Nurida (Dapil 4)

Nasdem
1. Tarimi (Dapil 6)
2. Suhidin (Dapil 5)

Ketua KPU Muna Kubais, belum bisa memastikan Parpol peraih kursi. Pasalnya, saat ini, KPU baru selesai melakukan pleno penetapan perolehan suara peserta Pemilu.

Kubais menambahkan untuk penetapan peraih kursi di DPRD, menunggu batas waktu pendaftaran Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK). Dimana, batas waktu pendaftaranya tiga hari pasca pleno KPU.

Untuk itu kalau ada yang menggugat, penetapan bisa dilakukan setelah ada putusan MK. Tapi, bila tidak ada, bisa langsung ditetapkan. “Setelah pleno, kami menyiapkan SK perhitungan suara terbanyak masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil),” cetusnya.

Laporan : Borju

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA