oleh

34 Desa Gelar PILKADES dI Busel, 18 Incumbent Tetap Bertahan

-Head Line-11.118views

Batauga, Harapansultra.com-Pemilihan Kepala Desa serentak tahap II di Kabupaten Buton Selatan sukses digelar kemarin, Senin, 24 juni 2019.
Sejumlah 34 Desa yang tersebut tersebar di 7 (tujuh) Kecamatan untuk memimpin selama 6 tahun kedepan (masa bhakti 2019-2026).

Menurut Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa (APDESI) setempat, LA Abani, menyebutkan diantara Desa-Desa yang menggelar pilkades yakni Desa Wambongi dan Batu Atas Barat di Kecamatan Batuatas, Desa Bangun, Desa Wawoangi, Lipumangau, Sandang pangan, gunung sejuk dan Desa Hendea di Kecamatan Sampolawa. Sementara di Kecamatan Lapandewa terdapat 3 Desa yakni Desa Lapandewa Kaindea, Burangasi Rumbia dan Lapandewa Makmur.

Untuk kecamatan Kadatua terdapat 7 Desa yaitu Desa Banabungi, Uwemaasi, marawali, Mawambunga, Waonu, Kapoa dan Kapoa Barat.

Untuk Kecamatan Batauga terdapat Lawela, Lawela Selatan, Pogalampa , Desa Bola dan Desa Lampanairi.

Sementara di Kecamatan Siompu sebanyak 7 Desa yakni Desa Tongali, Batuawu, Kaimbulawa, Karae, Biwinapada, Ngulanggula dan Wakinamboro dan terakhir adalah Kecamatan Siompu Barat sebanyak 6 Desa yaitu Desa Mbanua, Watuampara, Lamaninggara dan Desa Katampe.

Masih menurut Kepala Desa Watiginanda dua periode tersebut menuturkan bahwa dari 34 Desa, yang kembali mencalonkan diri terdapat 18 Calon Kepala Desa Petahana yang masih bertahan alias terpilih kembali dan sebanyak 9 Calon petahana yang tidak terpilih lagi ,ungkapnya.

“Adapun 18 Calon Kepala Desa Petahana yang masih dipercaya untuk memimpin masyarakat dan 9 Calon Petahana lainnya tidak terpilih lagi”, Beber LA Abani kepada Jurnalis Harapansultra.com.

Mereka diantaranya adalah Anwar yasin Calon Kades Kapoa Barat, Nafaruddin dari Desa Uwemaasi, H. Ld Aliyunus dari Desa Banabungi Kecamatan Kadatua, Kemudian Muslihi Calon Petahana Desa lawela, La Nabi Calon Petahana Desa Poogalampa Kec. Batauga, Laode Abdul Halim Calon Kepala Desa Wawoangi,
La Aly Calon Kepala Desa Hendea.

Kecamatan Sampolawa,
La Jaali Calon Kepala Desa lapandewa Kaindea, La Rubi, SE Calon Kepala Desa Burangasi Rumbia Kecamatan Lapandew, Arifudin Calon Kepala Desa Katampe, Ubardin Calon Kepala Desa Mbanua Kecamatan Siompu Barat, Maksudi Calon Kepala Desa Nggulanggula, La Bimba Calon Kepala Desa Kaimbulawa, Rahim Calon Kepala Desa Karae, La Ahmad Calon Kepala Desa tongali, La Kone Calon Kepala Desa Wakinamboro, Jahirudin calon Kepala Desa Batuawu Kecamatan Siompu dan La Ode Basirun calon kepala Desa Wambongi Kecamatan Batuatas.

Sementara Calon Kepala Desa yang tidak lolos kembali sebanyak 9 Orang yakni La Rahi Jahuli Calon Kepala Desa Petahana Desa Sandang Pangan Kecamatan Sampolawa, Syafiuddin Calon Kepala Desa Lapandewa Makmur Kecamatan Lapandewa, La Hamirun Calon Kepala Desa bola Kecamatan Batauga, syarifuddin Calon Kepala Desa Mawambunga, La Aube Calon Kepala Desa waonu, Usman Calon kepala Desa kapoa Kecamatan Kadatua, La syukur calon Kepala Desa lamaninggara Kecamatan Siompu Barat, Drs. La madio calon kepala Desa batuatas barat Kecamatan Batuatas dan Amirul calon Kepala Desa Biwinapada Kecamatan Siompu.

Foto:HS/La Abani, Ketua APDESI Buton Selatan.

Kepala Desa Watinanda yang juga sebagai Ketua APDESI Kabupaten Buton Selatan mengucapkan Selamat kepada Semua Calon Kepala Desa yang terpilih termasuk Petahana yang masih terpilih kembali dan kepada Calon petahana yang tidak lolos diucapkan terimakasih atas pengabdianya selama menjabat selaku Kepala Desa.

“Selamat kepada rekan-rekan yang terpilih sebagai Kepala Desa dan kepada yang belum terpilih saya mengucapkan terimakasih atas segala pengabdian dan kebersmaanya dalam menjalankan Pemerintahan Desa didaerah masing masing” ungkapnya

(Abady/harapansultra.com)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA