oleh

Agendakan Penyemprotan Disinfektan Serentak, Bupati Ruksamin Peragakan Tata Caranya

Wangudu, HarapanSultra.COM | Masifnya Penyebaran Corona Virus Desease 2019 atau Covid 19 mewajibkan semua stakeholder baik pusat maupun daerah melakukan upaya preventif (pencegahan).

Hal itu juga dilakukan Bupati Konawe Utara, Dr. Ir. H. Ruksamin dengan sigap setelah membentuk gugus tugas upaya penanganan Virus Corona beberapa waktu lalu, saat ini diagendakan bakal dilakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh Rumah dan Lingkungan se-Kabupaten Konawe Utara secara serentak pada hari Kamis (26/3/2020).

Tidak tanggung tanggung untuk mensukseskan agenda penyemprotan serentak tersebut, Bupati Ruksamin memperagakan secara langsung tata cara penyemprotan tersebut, Rabu (25/3/2020) bertempat di Rujab Bupati.

Dalam sambutannya, Bupati Ruksamin menyebutkan bahwa seluruh desa yang ada didaerah itu diwajibkan melakukan penyemprotan Disinfektan di Seluruh Rumah dan Lingkungan dimana untuk tingkatan Desa akan dipimpin oleh Kepala Desa, Kecamatan dipimpin Camat dan untuk Ibu Kota Kabupaten akan Dipimpin Langsung Oleh Bupati.

“Aksi penyemprotan secara massal yang akan dilakukan besok di seluruh rumah dipimpin langsung pemerintah setempat,” tegas Orang Nomor satu di Bumi Oheo tersebut.

Pantauan awak media ini, usai memberikan sambutannya, Bupati yang akrab disapa Bang Sam itu lalu memberikan petunjuk dan mempraktekan secara langsung tata cara penyemprotan.

“Caranya yang Pertama dengan Memakai terlebih dahulu Alat Pelindung Diri (APD), Seperti Baju, Celana Panjang, Sepatu, Kaus Tangan, Topi, Kaca Mata, dan yang Utama adalah Masker dan memastikan ADP yang dipakai tersebut telah sesuai SOP,” Sebutnya.

“Lalu kemudian Kedua mengisi tangki dengan air sebanyak ±15 Liter dan mencampurnya dengan cairan disinfektan dengan takaran 1,5 Liter lalu diaduk,” Jelasnya.

Penyemporan disinfektan disemprotkan pada sesuatu yang dianggap tempat yang sering digunakan masyarakat, misalnya Tiang Rumah, dinding rumah, Kursi, Pegangan Pintu, Lantai, lemari, dan semua ruangan.

Usai memperagakan Tata cara penyemprotan, H. Ruksamin berpesan kepada masyarakat agar mulai melakukan Gerakan Hidup Sehat Menjaga Lingkungan dan biasakan cuci tangan, Makan yang sehat, Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, Istirahat yang cukup, dan mengurangi kontak langsung dengan orang lain.

“Jaga Jarak dan berdiam diri dirumah selama 14 hari, Semoga Ikhtiar kita diridhoi Allah.,” Tutupnya.

Berikut Videonya

Laporan : Asbar Pranandy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA