oleh

Anggota DPRD Busel Bakal Dibekali KPK, Sekda Provinsi Jadi Pemateri.

Read Offline:

BATAUGA, HarapanSultra.COM | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia bakal memberikan pembekalan kepada 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Selatan terpilih hasil Pilcaleg April 2019 silam.

Keikutsertaan Wakil Rakyat Kabupaten Beradat itu dalam orientasi yang bakal dihelat di Kota Kendari 21-24 Oktober 2019 mendatang, merupakan kegiatan yang digelar oleh di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal ini disampaikan Sekretaris DPRD Kabupaten Buton Selatan, Loade Nurunani,S,Sos saat disambangi awak media ini, Diruang kerjanya, Selasa (15/10/2019), menurutnya orientasi merupakan kegiatan wajib diikuti oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Busel periode 2019-2024.

Dimana pada hakekatnya kegiatan tersebut dilakukan dalam upaya peningkatan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas para wakil rakyat di Buton Selatan.

“Orientasi ini merupakan amanat undang-undang dan tertuang pula dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri). Dimana dalam orientasi ini dimaksudkan agar anggota DPRD Kabupaten Busel dapat memahami tugas dan fungsinya (tupoksinya ) sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah,” tuturnya.

Dalam perhelatan orientasi nantinya para anggota DPRD Kabupaten Busel periode 2019-2024 akan mendapatkan sejumlah materi-materi pokok. Diantaranya materi terkait isu-isu aktual yang disampaikan langsung oleh Komisi Peberantasan Korupsi (KPK) serta pembangunan daerah dan pengelolaan keuangan daerah oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sultra.

“Sekda Provinsi Sultra juga ikut dalam pemberian materi pembekalan pada para wakil rakyat yang baru saja dilantik 1 Oktober lalu. Materi hubungan kerja antara DPRD dan Kepala Daerah dan materi fungsi dan tugas serta wewenang anggota DPRD tak lupa pula diberikan pada pembelakan tersebut,” tambahnya.

Laode Nurunani menambahkan, dengan program orientasi kedewanan dipastikan akan membekali para anggota dewan periode 2019-2024 mengenai tugas dan fungsinya dalam peningkatan kapasitas tugas dan fungsi dewan. Meski sebagian anggota dewan sudah berpengalaman menjadi legislatif, namun terdapat pula beberapa anggota baru pertama kali menjadi wakil rakyat diparlemen.

“Sesuai jadwal, kita akan melaksanakan orientasi bersama DPRD Kota Baubau dan DPRD Kabupaten Buton. Terkait masalah biaya akomodasi pelaksanaan kegiatan itu kita sudah menganggarkannya dalam APBD Kabupaten Busel 2019,” tutupnya.

Karlina, SM anggota DPRD Dapil 1 Kec. Kadatua dan Batauga
Karlina, SM anggota DPRD Dapil 1 Kec. Kadatua dan Batauga

Dihubungi secara terpisah salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Buton selatan dari Dapil I Kecamatan Kadatua dan Batauga, Karlina, SM mengatakan bahwa pihaknya selaku anggota parlemen yang baru saja dilantik, akan mengikuti orientasi pendalaman tugas agar dapat melaksanakan tugas sebagai anggota Dewan yang baik dan maksimal. (Abady Makmur)

Read Offline:

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA