oleh

Bagian Tata Pemerintahan: Pilar Kebijakan Daerah yang Tangguh

-ADS-129views

Bombana,HarapanSultra, COMI / Dalam dinamika pemerintahan daerah yang terus berkembang, Bagian Tata Pemerintahan berdiri sebagai fondasi yang kuat dalam penyiapan dan pengoordinasian kebijakan daerah. Dipimpin oleh M.Syukri Kasim, S.IP, bagian ini memegang peranan penting dalam mengatur arah dan alur administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan, serta otonomi daerah.

**Fokus pada Kebijakan yang Berkelanjutan**

Bagian Tata Pemerintahan memiliki tugas utama untuk melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan daerah yang efektif. Dengan koordinasi yang terstruktur, bagian ini memastikan bahwa setiap kebijakan yang dihasilkan tidak hanya sesuai dengan visi daerah tetapi juga berkelanjutan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

**Pengawasan dan Evaluasi yang Ketat**

Tidak hanya terlibat dalam perumusan, Bagian Tata Pemerintahan juga bertanggung jawab atas pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan. Ini memastikan bahwa setiap program yang dijalankan dapat memberikan dampak positif yang maksimal bagi kemajuan daerah.

**Pembinaan Administrasi: Membangun Fondasi yang Kokoh**

Salah satu fungsi kunci dari Bagian Tata Pemerintahan adalah pembinaan administrasi di bidang pemerintahan dan kewilayahan. Melalui pembinaan ini, M.Syukri Kasim, S.IP, dan timnya berupaya untuk meningkatkan kualitas administrasi sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas perangkat daerah dengan lebih efisien.

**Kelompok Jabatan Fungsional: Ahli di Balik Layar**

Kelompok Jabatan Fungsional, sebagai bagian integral dari Bagian Tata Pemerintahan, memiliki tugas untuk melaksanakan tugas teknis sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Mereka adalah para ahli yang bekerja di balik layar, memastikan bahwa setiap aspek kebijakan telah diperhitungkan dengan matang.

**Komitmen Terhadap Otonomi Daerah**

Bagian Tata Pemerintahan berkomitmen untuk mendukung otonomi daerah melalui berbagai inisiatif. Dengan pemahaman yang mendalam tentang keunikan setiap wilayah, bagian ini berusaha untuk menciptakan kebijakan yang memperkuat identitas lokal sekaligus memajukan daerah secara keseluruhan.

**Menuju Masa Depan yang Lebih Baik**

 

Selama memimpin Bagian Tata Pemerintahan di Kabupaten Bombana, M.Syukri Kasim, S.IP telah mencapai beberapa keberhasilan yang patut dicatat:

  1. Peningkatan Status Kinerja: Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 100.2.1.7-6646 tahun 2023, Kabupaten Bombana berhasil meraih Status Sedang dengan skor 3,18 dalam evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2022. Ini menempatkan daerah ini pada peringkat ketiga di tingkat regional Sulawesi Tenggara dari 17 kabupaten/kota. Skor ini menandai peningkatan signifikan dari penilaian tahun sebelumnya, dimana Bombana hanya mendapatkan skor 2,18 dengan status Rendah.
  2. Target Ambisius: M.Syukri Kasim, S.IP menetapkan target ambisius untuk tahun berikutnya. Mereka menargetkan penilaian kinerja LPPD tahun 2023 akan mencapai status Kinerja Tinggi, dengan skor minimal 3,50.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA