oleh

Bangun Sinergitas Pembangunan, Cagar Biosfer Wakatobi Gelar Evaluasi Bersama

Wakatobi, Harapansultra.COM | Dalam membangun sinergitas pembangunan kemaritiman tahun 2019, Cagar Biosfer Wakatobi menggelar evaluasi bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Taman Nasional, AKKP, Balai Rekayasa Teknologi Kelautan (BPTK) serta stekholder dan instansi terkait di Huma Lakapala, Kecamatan Wangi-wangi selatan, Rabu (29/08/2019).

Kegiatan Evaluasi ini langsung dihadiri oleh Direktur Eksekutif Komite Nasional Program MAB Unesco Indonesia Lipi, Prof Dr.Ir.Yohanes Purwanto. Dalam forum kegiatan dijelaskan mengenai strategi pembangunan yang berkelanjutan menurut cagar biosfer.

Purwanto mengatakan, target dari kegiatan ini adalah untuk untuk mengevaluasi Cagar Biosfer di Wakatobi serta mengisi konsep cagar biosfer pembangunan yang berkelanjutan, termasuk salah satunya adalah melalui ekonomi masyarakat.

“Termasuk ekowisata, prodak-prodak masyarakat yang kemudian akan dibranding dengan cagar biosfer agar dapat nilai ekonomis,” jelasnya.

Sedangkan untuk konservasi, Cagar Biosfer akan tetap mempertahankan wilayah-wilayah yang telah ditetapakan sebagai daerah perlindungan. Sebab kabupaten yang terkenal sebagai pengrajin besi ini menjadi wilayah Taman Nasional.

Bukan hanya itu, setelah menjelaskan program dari Cagar Biosfer, kegiatan yang diikuti sekitar 100 peserta ini merancang brand agar bisa menjadi daya jual dari prodak-prodak yang akan dipasarkan oleh masyarakat nantinya.

“Dengan adanya kegiatan ini kami telah merancang beberapa rekomendasi yang mana perlu dibentuk sekretariat forum cagar biosfer di Wakatobi, perlu dilakukan pembaharuan SK forum cagar biosfer, perlu diaktifkan kembali kegiatan forum, dan beberapa rekomendasi lainnya,” pungkasnya. (adm)

Laporan ; Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA