oleh

Berkat “Lobi-Lobi” Rusman Emba, Tahun Ini Percetakan Sawah di Muna Meningkat Capai 250 Hektar

MUNA, HarapanSultra.COM | Pemerintah Kabupaten Muna, Provinsi  Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mendapat kucuran program percetakan sawah dari Pemerintah Pusat.

Tahun ini ada sekitar 250 hektar sawah yang bakal dicetak. Jumlah lahan tersebut meningkat dibanding tahun 2019 lalu yang hanya 100 hektar dengan lokasi yang sama di Desa Bente, Kecamatan Kabawo.

Ogo Aftal, Kabid Prasarana Sarana dan Penyuluh (PSP) Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Muna saat di temui oleh awak media harapansultra.com, Senin (13/1/2020) mengatakan bawah peningkatan jumlah tersebut, semua tidak terlepas dari lobi-lobi Bupati Muna LM Rusman Emba ST dengan Pemerintah Pusat.

Sedangkan untuk lahannya di Desa Bente menurut Ogo Aftal masih cukup luas untuk lokasi cetak persawahan dimana saat ini masih terdapat sekitar 318 hektar yang siap untuk diolah.

” Selain itu potensi aliran airnya juga sangat baik. Makanya wilayah tersebut kembali mendapat realisasi percetakan sawah,” Sebut Ogo Aftal.

Program percetakan 250 hektare sawah tersebut bakal diperuntukan untuk 160 petani yang dibagi dalam 4 kelompok sedangkan besaran anggaran pekerjaan yang dananya bersumber dari APBN itu belum diketahui pasti sebab Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) belum sampai ke pihak Dinas Pertanian Muna.

“Setelah POK ada, pekerjaan akan dimulai dan Insha Allah Maret sudah mulai jalan,” Pungkasnya

Untuk diketahui pemanfaatan sawah yang telah dicetak tahun lalu dengan total anggaran Rp 1,6 Milliar, Dari total sawah yang telah dicetak itu, 98 hektar sudah termanfaatkan dengan ditanami padi sawah.

Pewarta : Borju

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA