oleh

Buka Musrembang, Camat Batauga Buton Selatan Harapkan Solusi Penanganan Masalah.

Batauga, HarapanSultra.COM | Camat Batauga, Laode Syarifuddin membuka secara resmi Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan yang digelar di Hotel Al-Safitri, Batauga, Senin, 17 Pebruari 2020.

Dalam sambutannya, La ode Syarifuddin menguraikan bahwa Kecamatan Batauaga terdiri dari 12 Desa dan Kelurahan dengan jumlah Penduduk sebanyak 17.996 jiwa, serta merupakan salah satu kecamatan yang merupakan Ibu kota kabupaten Buton selatan.

Dengan kedudukan Kecamatan Batauga sebagai Ibu Kota Buton Buton selatan tentu terdapat segudang permasalahan yang perlu mendapatkan penanganan serius terutama hal-hal yang menghambat kelancaran proses pembangunan di Ibu Kota.

” Salah satu Permasalahan yang perlu untuk segera ditindaklanjuti adalah adanya sebagian masyarakat di Kelurahan Laompo yang menghalangi pembangunan jalan dan untuk itulah, diharapkan kepada Bappeda untuk turut memberikan solusi atas kendala yang terjadi,“ Tutur Laode Syarifuddin

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Kabupaten Buton Selatan, La Ode Abdul Sumarno,S.Pi memaparkan, bahwa musremang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah program kegiatan perioritas yang tercantum dalam daftar usulan kegiatan pembangunan Desa atau Kelurahan yang diintegrasikan dengan perioritas pembangunan Kabupaten di wilayah Kecamatan.

“ Musremang Kecamatan merupakan forum ,musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah program kegiatan perioritas yang tercantum dalam daftar usulan kegiatan pembangunan Desa atau Kelurahan yang diintegrasikan dengan perioritas pembangunan Kabupaten di wilayah Kecamatan, “ Paparnya

Tenaga Ahli Pemberdayaan masyarakat Desa (TA-PMD) Kabupaten Buton Selatan. Abady Makmur, yang juga hadir dalam acara musrembang tersebut mengatakan bahwa pihaknya berharap kepada semua Desa dan Lurah memperioritaskan usulan kegiatan yang berkaitan dengan issu strategis Kabupaten Buton Selatan.

Sesi foto bersama para Kades dan lurah sesaat musrembang usai
Sesi foto bersama para Kades dan lurah sesaat musrembang usai

Issu strategis menurut mantan sekretaris Desa itu antara lain Persoalan Kemiskinan, Pengembangan dan Pembangunan infrastruktur, serta pencegahan dan penanganan stunting

“ Sebagai Tenaga Ahli yang bertugas mendampingi dan memfasilitasi Desa, berharap kepada semua Desa dan Lurah memperioritaskan usulan kegiatan yang berkaitan dengan issu strategis Kabupaten Buton Selatan yakni antara lain Persoalan kemiskinan, Pengembangan dan Pembangunan infrastruktur, serta pencegahan dan penanganan stunting,” harapnya.

Pantauan awak media ini, musyawarah tersebut dihadiri oleh unsur Perwakilan Organisasi perangkat Daerah (OPD) tingkat Kabupaten Buton Selatan, para satuan Pendidikan SMP, SD dan TK, para Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Batauga, Para Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Buton Selatan dan pendamping Desa serta Tim delegasi Desa.

Saat membuka secara resmi kegiatan tersebut, Camat Batauga, La Ode Syarifuddin, S,Sos didampingi oleh Sekertaris Badan Perencanaan Pembangunan daerah, Drs. La Maali dan kepala Bidang Infrastruktur dan kewilayahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Buton Selatan, La Ode Abdul Sumarno,S.Pi (AM)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA