oleh

Bupati Bombana Pertegas Komitmen Prioritaskan Perumahan dan Pemukiman Warga

Bombana, HarapanSultra.COM | Bupati Bombana H. Tafdil mempertegas komitmennya menempatkan sektor perumahan dan kawasan permukiman sebagai salah satu prioritas pembangunan dibawah kepemimpinannya.

Pernyataan tersebut disampaikan orang nomor satu di Bombana itu dalam sambutan yang dibacakan H. Engki. Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Bombana pada acara serah terima buku tabungan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun Anggaran 2019 di Aula Kantor Kecamatan Poleang, Rabu (21/8/2019).

“Untuk Program Pembangunan rumah (Baruga Moico), dibangun sebanyak 826 unit yang tersebar diseluruh Kecamatan dan Desa di Kabupaten Bombana, juga terdapat bantuan listrik gratis bagi rumah tangga miskin sebanyak 650 sambungan setiap tahunnya dan program pensertifikatan lahan perumahan,” Ungkapnya

Untuk itu, pihaknya sangat berterimakasih kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah mengalokasikan bantuan BSPS sebanyak 250 unit untuk tahap pertama dan 179 unit di tahap kedua yang tersebar di Kecamatan Poleang, Poleang Selatan, Poleang Timur, Poleang Utara, Poleang Barat dan Mataoleo.

“Kami berharap bantuan sejenis masih tetap diberikan kepada kabupaten Bombana pada tahun tahun mendatang,” Urainya

Tafdil berharap agar masyarakat penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya karena menurutnya jika masyarakat bekerjasama dengan baik mempergunakan dana tersebut, maka ditahun tahun berikutnya Kabupaten Bombana bakal terus diberikan bantuan serupa.

“Pemerintah menyadari bahwa dengan bantuan sebesar 17.500.000 dimana untuk bahan 15.000.000 dan upah kerja 2.500.000 dirasa tidak cukup untuk itu diharapkan kepada masyarakat untuk berswadaya mencukupi kekurangan tersebut,” Harap Tafdil

Kepala SNVT Penyediaan perumahan Provinsi Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh Musniar selaku PPK Rumah Swadaya, mengatakan Program BSPS merupakan program nawacita Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo  yang diberikan secara berkesinambungan kepada masyarakat.

“Bantuan dari tahap I dan tahap II nantinya itu, bertujuan agar rumah warga yang tadinya tidak layak huni dapat menjadi layak huni,” Tuturnya

Dalam proses pencairan dana tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Bank Sultra, dimana bank menyediakan buku tabungan dengan saldo 17.500.000 dan diserahkan kepada penerima untuk dipergunakan.

“Jadi yang 15 juta itu untuk material bangunan, sedangkan yang 2,5 juta diperuntukkan untuk upah kerja tukang,” Urainya

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bombana, Sulaeman Fachrani mengungkapkan terimakasihnya kepada pemerintah pusat melalui SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tenggara atas bantuan BSPS yang setiap tahunnya menjadi langganan Bombana.

Sulaiman Fachrani, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kab. Bombana
Sulaiman Fachrani, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kab. Bombana

Menurutnya dalam pelaksanaan program tersebut di Kabupaten Bombana tergolong tidak ada kendala yang berarti terutama terkait suplai material bangunan dari toko kepada masyarakat penerima bantuan, sehingga progres pekerjaan sangat cepat.

Diakui Sulaiman, hal itu tidak lepas dari keberhasilan pengelolaan bantuan BSPS ditahun tahun sebelumnya sehingga menimbulkan kepercayaan pihak toko penyedia bahan bangunan sehingga tidak ragu memberikan barang yang diperlukan masyarakat penerima bantuan.

“Progres dilapangan sangat memuaskan, bahkan sebagian rumah warga yang terima bantuan sudah selesai sebelum dananya cair. Itu karena toko tidak ragu lagi memberikan barangnya. Jadi kepercayaan itu sudah ada dari penyedia material,” Pungkasnya (IS)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA