oleh

Bupati Busel, Laode Arusani Apresiasi Pelaksanaan Pesta Adat Metau’a

Batauga, HarapanSultra.COM | Pelaksanaan Pesta adat Metau’a bagi masyarakat adat Siompu berlangsung selama satu minggu yang dimulai dari Tanggal 11 sampai dengan 17 Nopember 2019 di Balai Adat Nggula-Nggula, Kegiatan yang diprakarsai oleh Lembaga Adat Siompu itu mencapai puncaknya pada pada tanggal 17 November 2019.

Pada puncak Kegiatan tersebut, Minggu (17/11/2019) dihadiri oleh Plt Bupati Buton Selatan, H. Laode Arusani, Ketua DPRD Kabupaten Buton Selatan, La Ode Armada, Wakil ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Muh. Endang, SA, Ketua Pengadilan Negeri Pasarwajo, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Selatan, Ketua TP PKK Kabupaten Buton Selatan, Waode Ruhania Arusani, serta Sejumlah Pimpinan OPD se Kabupaten Buton Selatan.

Tokoh Pemuda asal Siompu, Amir Salito, S.Pd. MM kepada Media Harapan Sultra menuturkan bahwa Festival Metau’a’ merupakan festival adat tahunan yang dilaksanakan oleh lembaga adat masyarakat Siompu, pada kegiatan itu ditampilkan Tari Kolosal Linda, Tari Pajoge dan Humaa na Baruga atau makan-makan di Baruga dengan mempersiapkan Talang sebanyak 300 buah.

” Disamping menampilkan Tari Kolosal Linda, Tari pajoge dan Humaa na Baruga, juga ada penampilan Tarian Fomani dari Kamanu-manu oleh perangkat adat baik sara maupun non sara,“ Beber Amir Salito

Plt. Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani, dalam sambutanya mengapreasiasi lembaga adat Siompu yang masih konsisten melaksanakan prosesi adat di Baruga dan terus melestarikan nilai-nilai Budaya di Siompu. Untuk itu Pemerintah Daerah akan terus mendorong dan mendukung upaya pelestarian nilai-nilai budaya di seluruh wilayah Kabupaten Buton Selatan.

” Kita akan berkolaborasi dengan Lembaga-lembaga adat dalam mebangun nilai-nilai budaya di Buton Selatan sebagai entitas dan kekayaan warisan para leluhur yang menjadi perekat dan pemersatu kita dalam membangun Buton Selatan yang kita cintai,“ Sebutnya.

Lebih lanjut Arusani mengungkapkan bahwa di Buton Selatan terdapat 25 Baruga, dimana setiap Baruga terdapat Perangkat Lembaga adat didalamnya terus melaksanakan pesta adat, jika setiap bulan lembaga Adat menggelar iven budaya, maka dalam setiap bulan akan ada dua kali pelaksanaan iven yang dilaksanakan oleh lembaga adat di Buton Selatan.

” Kalau ini terus kita hidupkan dan kita suport akan berdampak pada perputaran ekonomi masyarakat,” Urainya.

Untuk itu ia berharap agar para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah untuk semua level di Buton Selatan dapat memberikan suport demi terselenggaranya pesta-pesta adat seperti ini, khususnya bagi Pemerintah Desa, Kecamatan dan Dinas Teknis khususnya Dinas Kebudayaan.

Ditempat yang sama Perwakilan Tokoh Masyarakat, Pomili Womal mengapresiasi kehadiran Plt. Bupati Buton Selatan, Ketua dan Anggota DPRD Buton Selatan, para OPD, FORKOPIMDA, Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara.

“ Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Plt. Bupati Buton Selatan bersama rombongan semoga bapak Bupati dapat memberikan dukungan dalam pesta-pesta adat selanjutnya. Kami juga atas nama masyarakat Adat menyampaikan terimah kasih kepada duta-duta Rakyat Sulawesi Tenggara semoga bapak-bapak yang hadir dapat membantu menyerap aspirasi masyarakat Siompu khusunya dan Buton Selatan pada umumnya dalam pembangunan di Provinsi Sulwesi Tenggara.” Pungkasnya

Pewarta : Abady Makmur

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA