oleh

Pemkab Busel Libatkan Masyarakat Kelola Sektor Pariwisata

Batauga, HarapanSultra.COM | Untuk mendorong Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dan pendapatan Asli Desa, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan melalui Dinas Pariwisata menggandeng masyarakat melalui Pemerintah Desa untuk ikut terlibat dalam mengelola Obyek wisata yang ada di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel, La Ode Harwanto, S.Pd., M,Pd saat disambangi dikantornya, Kamis (3/9/2020) mengatakan pelibatan masyarakat tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten dalam mendorong percepatan peningkatan pendapatan Asli Daerah.

” Kami tengah memprakarsai ide Bupati Buton Selatan dalam mendorong pengelolaan Obyek wisata dengan membentuk Kelompok kelompok Masyarakat sadar wisata (Pok Darwis) yang akan dibentuk di semua Desa yang memiliki obyek wisata,” Ujar La Ode Harwanto.

Untuk saat ini, Dinas Pariwisata telah memfasilitasi terbentuknya lima kelompok sadar wisata yang ada di Kecamatan Lapandewa dan di Kecamatan Sampolawa dan kedepan akan dibentuk kelompok sadar wisata lainya sesuai potensi yang ada di Desa masing masing.

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah menyebut bahwa pihaknya bakal melibatkan Pemerintah Desa dalam mengelola Objek Wisata, Ia mencontohkan seperti Obyek wisata Kabura Burana yang terletak di Desa Lawela Selatan, Kecamatan Batauga dipastikan bakal melibatkan Pemerintah Desa dalam pengelolaanya.

” Adapun mengenai waktu pengelolaan obyek wisata Kabura Burana di kerjasmakan dengan Desa, akan dilakukan setelah Peraturan Bupati tentang Retribusi Obyek Wisata ditandatangani setelah itu akan ada MOU antara Dinas Pariwisata dengan Pemerintah Desa,“ Urainya.

Sementara itu, Kepala Desa Lawela Selatan, Awal Qadim mengapresiasi komitmen Dinas Pariwisata dalam melibatkan Pemerintah Desa untuk mengelola Obyek Wisata Kabura Burana di Wilayah pemerintahanya, ia berharap agar apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata segera direalisasikan untuk dilakukan di lapangan.

” Obyek Wisata Kabura Burana merupakan salah satu obyek Wisata yang akan menunjang pendapatan Desa kami,” Singkatnya

Pewarta : Abadi Makmur

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA