oleh

Cegah Stunting, TAMP dan Tim P3MD Buton Selatan Usulkan Raperbup

-Head Line-1831views

Batauga, Harapansultra.com |TIM P3MD Kabupaten Buton selatan terus melakukan konsolidasi dengan Pihak Pemda terkait penyusunan regulasi yang mendukung pelaksanaan konvergensi pencegahan stunting.

Hal ini ditandai dengan Koordinasi TIM P3MD yang terdiri dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Tenaga Ahli Perencanaan Partisipatif bidang Hukum Setda setempat melakukan Diskusi terkait Rancangan Peraturan Bupati Tentang Pencegahan dan penanganan stunting yang telah di susun oleh TA PMD Buton Selatan, Abady Makmur pada Kamis (23/5).

Menurut Abady Makmur, dalam muatan rancangan Peraturan Bupatu tersebut mengatur asas, ruang lingkup, strategi pencegahan dan penanganan stunting dukungan serta pembiayaan serta mekanisme penetapan Kader pembangunan masyarakat (KPM) dan Rumah Desa sehat (RDS).

“Didalam rancangan yang telah disusun terdapat materi yang mengatur asas, ruang lingkup yang diatur dalam rancangan perbup, dukungan para pemangku kepentingan, tanggung jawab Pembiayaan,mekanisme Rekrutmen KPM dan tata cara penetapan RDS ” Ujar mantan Anggota DPRD Kab. Bombana.

Namun demikian, lanjut Abady, meski Draf rancangan peraturan pencegahan dan penanganan stunting tersebut sudab disusun, pihaknya tetap menyerahkan kepada OPD terkait untuk dijadikan sebagai pembanding segala aturan yang ada.

“Pada prinsipnya kami dari P3MD Kab. Buton Selatan mendukung dan mengapresiasi rancangan perbup tentang pengembangan Desa dan kelurahan siaga aktif bidang kesehatan, sementara substansi yang belum termuat dalam materi Raperbup tersebut, akan disesuaikan dalam juknis dan atau juklak dari OPD terkait”, lanjutnya.

Secara terpisah, Kepala bagian Hukum Setda Kabupaten Buton Selatan, Syamrisal Sariman,SH memberikan apresiasi dan penghargaan kepada TAPM setempat yang telah menyiapkan Raperbup tentang pencegahan dan penanganan stunting, meski rancangan masih ditangguhkan, namun demikian pihaknya akan mendiskusikan dengan OPD terkait agar untuk mengakomodir beberapa materi dan substansi yang ada dalam rancangan perbup yg dibuat TAPM.

Tambahnya, pihaknya juga akan menyarankan pihak Dinas Kesehatan agar mengakomodir dalam petunjuk teknis pelaksanaan Perbup, termasuk bagaimana cara merekrut KPM dan cara menetapkan Rumah desa sehat.

“Akan mengakomodir beberapa issu issu penting dalam penanganan stunting termasuk KPM dan RDS dalam petunujk teknis prlaksanaan perbup demi mengakomodir apa yang disarankan kawan kawan dari Tenaga Ahli P3MD ” bebernya. (AM)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA