oleh

Disdukcapil Bombana Beri Penghargaan GISA untuk 9 Desa dan Kelurahan

Bombana, HarapanSultra.COM | Momentum perayaan hari pahlawan tahun 2021 yang diperingati setiap tanggal 10 November dimanfaatkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bombana dengan memberikan penghargaan kepada 9 Desa dan Kelurahan atas prestasi dan partisipasi serta kepatuhan dalam menyukseskan penyelenggaraan, pelayanan Administrasi kependudukan serta terdapat 1 Kelurahan yang melakukan penataan dan pelaporan kematian untuk mendukung program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan).

Kepala Dinas Dukcapil, Firdaus, S.Pd., MM menjelaskan GISA adalah sebuah gerakan nasional untuk meningkatkan kesadaran semua pihak (masyarakat, lembaga pengguna, dan Pemerintah) akan pentingnya tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk).

“Pelaksanaan GISA diawali dengan sosialisasi secara tatap muka bersama kepala desa dan perangkat, BPD, PKK, RT/RW, Karang Taruna, dan Tokoh Masyarakat. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang administrasi kependudukan dan verifikasi dan validasi (verivali) data update penduduk oleh register desa, sehingga memudakan pemutakhiran pada saat pelayanan administrasi kependudukan, “ Jelas Firdaus, Rabu (10/10/2021)

Target sasaran GISA adalah masyarakat, aparatur, petugas pelayanan dukcapil, lembaga pengguna pemerintah daerah dan swasta sehingga GISA diharapkan dapat diterapkan mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, sampai ke tingkat desa.

“Ada 4 tujuan GISA, yaitu sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan untuk semua urusan dan sadar pelayanan Adminduk yang membahagiakan masyarakat, “ tambah Mantan sekretaris Capil ini.

Sementara itu, Sri Patonah, S.Kom selaku Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Bombana yang membidangi hal ini juga menambahkan bahwa Salah satu data yang paling penting dan paling diperlukan adalah data tentang individu-individu warga.

“Karena pendataan warga ini menyangkut hak dan kewajiban, dengan pendataan yang baik seluruh warga di Kabupaten Bombana akan mendapatkan pelayanan yang baik,” kata Sri Fatonah

Ia berharap Momentum ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen, data kependudukan, dan manfaatnya.

“Petugas dalam hal ini instansi pelaksana urusan administrasi kependudukan yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bombana menjadi pendukung utama pelaksanaan GISA,” Bebernya.

Adapun Daftar desa dan Kelurahan yang menerima penghargaan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan oleh Disdukcapil Bombana yaitu, Desa Salosa, Desa Teppoe, Desa Toburi, Kelurahan Kasipute, Kelurahan Lauru, Desa Watukalangkari, Desa Tetehaka, Desa Wia Wia dan Kelurahan Bambaea.

Pewarta : Muh. Adnan

 

 

 

 

 

 

.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA