oleh

Dispora Bombana Ikut Berpartisipasi Tampilkan Keindahan Tari Lumense di “Panggung Maestro- IV”

Jakarta, HarapanSultra, COM /  – Setelah sukses memukau Presiden Joko Widodo dengan Tari Lumense pada perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI di Istana Merdeka tahun lalu, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bombana kembali membuat sejarah. Kali ini, mereka berhasil menampilkan keindahan Tari Lumense di acara bergengsi “Panggung Maestro-IV” di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.10 Mei 2024.

“Panggung Maestro-IV” adalah pergelaran seni pertunjukan tradisi Nusantara yang diselenggarakan oleh Yayasan Bali Purnati bersama Direktorat Perfilman, Musik dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Acara ini juga mendapat dukungan dari PT Pertamina (Persero), PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bombana, PT Bluebird Group, Perkumpulan “Cahayo Hati Limpapeh”, dan Yayasan Taut Seni & Bumi Purnati Indonesia.

Dengan sorotan cahaya dan gemerlap panggung  pada malam puncak Panggung Maestro-IV, Tari Lumense yang merupakan tradisi masyarakat Tokotu’a atau Kabaena, Kabupaten Bombana, berhasil membawa suasana panggung menjadi lebih hidup. Seniman lokal berbakat menampilkan tarian ini dengan iringan musik tradisional yang memukau para penonton yang hadir di teater wahyu sihombing Taman Ismail Marzuki.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bombana, Anisa Sri Prihatin, S.Sos., M.Si, mengungkapkan bahwa acara ini bukan hanya ajang pertunjukan seni yang spektakuler, tetapi juga momentum penting bagi Bombana untuk memperluas promosi pariwisatanya.

“Semangat kolaborasi antara pemerintah daerah, seniman, dan masyarakat telah menjadikan Maestro 2024 sebagai sarana yang kuat untuk mempererat keberagaman budaya Indonesia dan mempromosikan keunikan daerah kita di kancah nasional,” jelas Anisa Sri Prihatin.

Lebih lanjut, Mantan Kadis Balitbang Bombana ini menyatakan rasa bangga dan terima kasih atas kesempatan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Bombana di acara sebesar Panggung Maestro-IV.

“Ini adalah kesempatan emas bagi kita untuk berbagi keindahan alam dan kekayaan budaya kepada seluruh Indonesia. Maestro 2024 adalah platform yang sempurna untuk melakukannya,” ujar Anisa Sri Prihatin.

Dengan penampilan Tari Lumense di acara tersebut, Anisa Sri Prihatin berharap untuk menarik lebih banyak perhatian dan kunjungan ke Bombana, memperkaya pengalaman wisatawan dengan keunikan budaya dan keindahan alam yang dimiliki daerah tersebut.

“Maestro 2024 telah menjadi panggung bagi Kabupaten Bombana untuk tidak hanya menampilkan, tetapi juga merayakan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia. Semoga acara ini menandai era baru dalam promosi budaya dan pariwisata di Kabupaten Bombana, sehingga dapat mengundang mata dunia untuk menyaksikan dan mengalami langsung keunikan yang ditawarkan oleh kabupaten yang kaya akan tradisi ini,” tutup Anisa Sri Prihatin, wanita alumnus STPDN Angkatan 03.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA