oleh

DLH Bombana Tebang dan Pangkas Pohon Pelindung Jalan Ibu Kota

-ADS-1177views

Bombana, HarapanSultra.COM | Wajah jalan utama Yos Sudarso, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana mengalami perubahan drastis dengan puluhan pohon pelindung yang sebelumnya berjajar kini sebagian besar telah dilakukan penebangan dan pemangkasan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bombana. Selasa (12/9/2023)

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Bombana, Sitti Arnidar menjelaskan bahwa penebangan ini dilakukan karena sejumlah pohon pelindung menghadirkan risiko bagi pengguna jalan. “Pohon banyak yang berisiko tumbang karena tajuknya yang tidak seimbang, dan ini dapat berisiko rawan kecelakaan. Sebagai antisipasi, kami melakukan penebangan,” ujar Sitti Arnidar

Arnidar menegaskan bahwa tidak semua pohon pelindung ditebang, ada juga yang dipangkas, tergantung pada posisi tajuk pohon. “Jika tajuknya condong ke jalan, kami tebang. Jika tidak, kami tetap mempertahankan,” tegasnya.

Penebangan dan pemangkasan pohon pelindung sudah dilakukan dua kali sepanjang tahun 2023. Pertama kali dilakukan pada bulan April, dan kini langkah serupa diulang pada bulan Oktober, mulai dari tanggal 5 hingga 30. Perubahan ini merupakan upaya DLH Kabupaten Bombana untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan di sepanjang jalan utama Yos Sudarso. (Ads)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA