oleh

DPRD Busel Lakukan Reses, Serap Aspirasi Masyarakat

-POLITIK-1424 views

Batauga, HarapanSultra.COM | Pasca pengambilan sumpah dan peresmian sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), para legislator Buton Selatan terus melakukan beberapa agenda penting dalam rangka mengimplementasikan pelaksanaan tugas selaku wakil rakyat, mulai dari Pelaksanaan Orientasi dan pendalaman tugas, pembahasan Anggaran pendapatan Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 dan beberapa agenda penting lainya, kini giliran para para anggota dewan kembali menemui konstituenya yang telah memilih dan mendukung mereka saat pilcaleg april 2019 lalu.

Agenda untuk menemui para kontituen dikemas dalam agenda Reses (kembali ke Daerah pemilihan) yang berlangsung selama sepekan mulai tanggal 22 s/d 27 Desember 2019.

Dihubungi melalui saluran Telepon, Sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten Buton Selatan, La Ode Nurunani, S.Sos membeberkan adanya Pelaksanaan Reses yang dilaksanakan di penghujung tahun 2019 yang digelar berdasarkan hasil Paripurna DPRD Kabupaten Buton Selatan yang berlangsung pada tanggal 20 Desember 2019 yang ditindak lanjuti dengan Surat Keputusan DPRD Kabupaten Buton Selatan Nomor 19/DPRD/2019 Tentang Pembentukan Tim DPRD Kabupaten Buton Selatan dalam rangka melaksanakan Reses ke Kecamatan dan Desa/Kelurahan Dalam Daerah Kabupaten Buton Selatan Masa Sidang I (Oktober 2019-Januari 2020).

Foto: Anggota DPRD Buton Selatan, Hj.Wa Ode Ruhania didampingi Camat Batauga, La Ode Syarifuddin

Foto: Anggota DPRD Buton Selatan, Hj.Wa Ode Ruhania didampingi Camat Batauga, La Ode Syarifuddin

” Reses yang dilakukan oleh Para Anggota DPRD merupakan moment yang tepat bagi mereka untuk menemui Masyarakat atau konstituen yang telah memilih mereka sekaligus untuk menemui para konstituen. Momen ini juga akan dimanfaatkan oleh Masyarakat untuk menyampaikan usulan program yang merupakan kebutuhan masyarakat yang mendesak untuk diperjuangkan dalam penganggaran,” Bebernya.

Kepala bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Buton Selatan, La Ode Safii, S.Kel, M,Si, menguraikan bahwa berdasarkan Surat keputusan DPRD Nomor 19 Tahun 2019, Tim Reses bagi Anggota DPRD Buton selatan terdiri empat Tim yakni Tim A (Kec. Batauga dan Kadatua) terdiri dari Hj.Waode Ruhania (Koordinator Tim), H.La Ode Ashadin dan karlina,SM , Tim B (Kec. Sampolawa) terdiri dari LM.Amal,A,Md (Koordinator Tim), Muh.Alamin,SH,H.La Harnu, dan H.La Opo, Tim C (Kec. Lapandewa dan Batuatas), La Muhadi, S.Pd (Koordinator Tim), Dodi Hasri, S.Pd, La Ode Taufik Mansur, dan La Nihu.

Sementara untuk Tim D (Kec. Siompu dan Siompu Barat ), La Ode Armada (Koordinator Tim), Aliadi, S.Pd, Pomili Womal,S.Pd,SD, La Hijira,SH, Wa Kodu,dan La Saali,BA.

Mantan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Buton Selatan ini, menambahkan, bahwa Masing-masing Tim ditugaskan Tenaga Pendamping Administrasi yang bertugas untuk mencatat semua usulan Masyarakat dari masing masing Daerah pemilihan, setelah selesai Tenaga pendamping Pihak Sekretariat akan merangkum semua usulan atau Aspirasi tersebut dan akan diberikan kepada Anggota DPRD sebagai bahan untuk dijadikan sebagai pokok pikiran DPRD yang akan disampaikan kepada Pemerintah Daerah saat Pelaksanaan Musyawarah rencana pembangunan pada Bulan Maret 2020.

“ Pihak Sekretariat akan merangkum semua usulan atau Aspirasi tersebut dan akan diberikan kepada Anggota DPRD sebagai bahan untuk dijadikan sebagai pokok-pokok pikiran DPRD yang akan disampaikan kepada Pemerintah Daerah saat Pelaksanaan Musyawarah rencana pembangunan pada Bulan Maret 2020,” Tambahnya.

Ditemui disela-sela kegiatan Reses di Kec. Batauga, Anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Hj. Wa Ode Ruhania menyatakan bahwa Pihaknya telah menerima beberapa usulan atau Aspirasi Masyarakat dari Daerah pemilihanya  dan akan menjadikan sebagai pokok-pokok pikiran DPRD untuk disampaikan kepada Badan perencanaan pembangunan daerah agar menjadi salah satu Pertimbangan dalam penyusunan Program Pada Tahun mendatang.

“ Dalam reses untuk masa siding I ini saya telah menerima beberapa usulan atau Aspirasi Masyarakat dari Daerah pemilihan saya yakni Kecamatan Batauga dan Kadatua, berkenaan dengan itu. Saya akan menjadikan Usulan tersebut sebagai pokok-pokok pikiran DPRD untuk disampaikan kepada Badan perencanaan pembangunan Daerah agar menjadi salah satu Pertimbangan dalam penyusunan Program Pada Tahun mendatang,” ungkapnya.

Pewarta : Abady Makmur

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA