oleh

Dua Priode Pimpin Bombana, Tafdil Berhasil Raih Berbagai Penghargaan Nasional

-PARIWARA-1282views

Bombana, Harapan Sultra. Com – Pemerintah Kabupaten Bombana dibawah kepemimpinan dari pasangan bupati dan wakil bupati, H. Tafdil bersama Johan Salim melalui Program GEMBIRA (Gerakan Membangun Rakyat Sejahtera) berhasil memberikan pelayanan terhadap masyarakat secara merata. Inovasi Tafdil yang sebelumnya didampingi oleh Hj. Masyhura (Priode 2014/2019) yang sekarang didampingi oleh putra daerah Johan Salim terus berjuang melakukan yang terbaik.

Berbagai piagam penghargaan seperti WTP, Penarapan program Keluarga Berencana, Pengelolaan Pertanian Rakyat, Pemberdayaan Guru serta pelayanan terhadap publik diterimanya secara sporadik dari berbagai arah, baik dari tingkat I (Provinsi) maupun dari Pemerintah Pusat (RI) merupakan bukti nyata kesuksesan dirinya selama dua priode ini.

Terhitung Sepanjang masa tugasnya dari tahun 2012 hingga 2019, dengan Inovasinya, Tafdil tercatat telah menerima 29 penghargaan yang berhasil digenggam Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, yang menjadikan daerah sorotan mata para investor.

Adapun diantara adalah pada tahun 2012 lalu, Pemkab Bombana berhasil meraih dua penghargaan dari tangan Presiden RI atas produksi beras diatas 5 persen dan penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI karena menjadi daerah yang tercepat menyelesaikan target perekaman e-KTP. Sementara pada tahun 2013, Bombana juga merupakan salah satu kabupaten yang mampu meraih Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) terhadap pengelolaan dan pelaporam asset dan keuangan tahun anggaran 2012 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan bertahan hingga ditahun 2019 ini. Hal ini membuktikan konsistensi peningkatan pelayanan terus dikembangkan.

Tidak berhanti pada penerimaan WTP, Prospek Pemkab juga berhasil mengukir prestasi yang diterima langsung dari Menteri Kesehatan (Menkes) RI berupa penghargaan “Eliminasi Filariasis” serta penghargaan atas prestasi dalam menggerakan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kemudian di tahun 2017, Pemkab Bombana lagi-lagi mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016 dengan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah serta penghargaan ats peningkatan kinerja dalam wilayah Kabupaten Bombana tahun 2016 sampai 2017 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sederet penghargaan yang diraih Pemkab Bombana di bawah nahkoda H Tafdil, hanyalah sebagian kecil dari prestasi yang di torehnya selama kurun waktu enam tahun. Puncak prestasi itu semakin nampak di tahun 2018 sampai 2019.

Sementara pengarhargaan yang lainnya adalah penghargaan terintegrasinya jaminan kesehatan nasional dan kartu indonesia sehat (JKN-KIS), penghargaan pramesti atas keberhasilan dalam mengimplementasikan kawasan bebas rokok dan sertifikasi eliminasi malaria dari Menteri Kesehatan, penghargaan dari Direktur Utama BPJS Kesehatan karena mendukung tercapainya UHC program JKN-KIS, penghargaan atas pasar tertib ukur dari Menteri Perdagangan, penghargaan dan satya lencana pembangunan bidang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga berencana (KKBPK) dari Presiden RI. Kemudian penghargaan anugerah pendidikan Indonesia (API) dari Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) pusat, penghargaan atas upaya keikutsertaan tenaga kerja sebagai peserta BPJS dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan RI, penghargaan terbaik ketiga pengelolaan JDIH se Sultra, penghargaan atas dukungan pelaksanaan program inovasi desa tahun 2017 hingga 2019 dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Semua penghargaan tersebut menjadikan sebuah prestasi dan kesuksesan Tafdil dalam memimpin Kabupaten Bombana sejak pertama dipercayakan sebagai Bupati hingga hari ini dan bakal menjadi pacuan untuk tetap menciptakan Kesejahtraan MasyarakaT Bombana sebagaimana Visi-misi dalam program Gembira hingga ditahun 2022 mendatang.

Penulis: Hir

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA