oleh

Pj. Bupati Edy Suharmanto: Bombana Siap Sukseskan Pemilu 2024 yang Damai dan Berintegritas

-ADS-1132views

Bombana,HarapanSultra.COM | Pj. Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si menegaskan komitmennya untuk bersinergi dengan penyelenggara pemilu dan menjaga netralitas aparatur negara dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 yang damai dan berintegritas. Hal ini disampaikan dalam sambutannya saat menghadiri Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Bombana, di Pelataran Eks MTQ Kab. Bombana Kel. Lauru Kec. Rumbia Tengah, Sabtu (2/12/2023).

Apel siaga ini merupakan bagian dari pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan tahapan kampanye pemilu yang akan dimulai pada tanggal 4 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran BAWASLU Kabupaten Bombana, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Panitia Pengawas Desa (Panwasdes), serta unsur Forkopimda, TNI, Polri, dan stakeholder terkait lainnya.

Pj. Bupati Bombana Edy Suharmanto
Pj. Bupati Bombana Edy Suharmanto

Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementrian Dalam Negeri ini,Mengapresiasi kinerja BAWASLU Kabupaten Bombana yang telah menunjukkan profesionalisme dan integritas dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas pemilu. Ia berharap BAWASLU dapat terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait, serta mengedepankan prinsip preventif dan edukatif dalam melakukan pengawasan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada BAWASLU Kabupaten Bombana yang telah bekerja keras dan bertanggung jawab dalam mengawal proses demokrasi di daerah ini. Kami berharap BAWASLU dapat terus menjaga kualitas dan kredibilitasnya sebagai lembaga independen yang mengawasi penyelenggaraan pemilu,” kata Edy Suharmanto.

Peserta Apel melakukan pawai menuju Lapangan
Peserta Apel melakukan pawai menuju Lapangan

Ia juga mengingatkan kepada seluruh aparatur negara, khususnya jajaran Pemerintah Kabupaten Bombana, untuk tetap menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam kegiatan yang dapat mengganggu jalannya pemilu. Ia menegaskan bahwa pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas kepada siapa pun yang melanggar aturan tersebut.

“Kami tidak akan mentolerir adanya ASN, Kadis, Camat, Lurah, atau Kades yang berpihak kepada salah satu peserta pemilu. Kami akan memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, baik itu sanksi administratif, sanksi disiplin, maupun sanksi pidana. Kami berharap BAWASLU dan seluruh jajaran dapat bekerja sama dengan kami dalam mengawasi hal ini,” tegas Pria Kelahiran Bima tersebut.

Suami dariĀ Aeni Mutmainnah,S.Pd ini juga mengajak kepada seluruh masyarakat Bombana untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu, dengan menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bertanggung jawab. Ia berpesan agar masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu negatif yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Foto bersama BAWASLU Bombana
Foto bersama BAWASLU Bombana

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Bombana untuk datang ke TPS pada tanggal 17 April 2024 dan memilih pemimpin yang terbaik sesuai dengan hati nurani dan aspirasi masyarakat. Jangan sampai kita terjebak dalam politik uang, politik identitas, atau politik hoax yang dapat merusak demokrasi kita. Mari kita jaga bersama-sama pemilu ini agar berjalan dengan lancar, aman, dan damai,” ujar Edy Suharmanto.

Pemilu 2024 merupakan pemilu serentak yang akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR, DPD, dan DPRD, serta Gubernur, Bupati, dan Walikota di seluruh Indonesia. Pemilu ini diharapkan dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan berintegritas, serta mewujudkan pemerintahan yang efektif dan efisien. (Adv)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA