oleh

Edy Suharmanto Ungkap 8 Program Proyek Strategis Bombana Tahun 2024

-ADS-1232views

Bombana,HarapanSultra, COM / Penjabat Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, meluncurkan delapan program proyek strategis yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bombana pada tahun 2024. Program-program tersebut meliputi pengendalian inflasi, penurunan angka stunting, penanggulangan kemiskinan ekstrem, optimalisasi pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, pembinaan kemasyarakatan, peningkatan infrastruktur, serta penyerapan anggaran. Peluncuran program ini dilakukan dalam apel perdana tahun 2024 di halaman kantor bupati, Selasa (02/01/2024)

Dalam amanatnya, Edy Suharmanto mengatakan bahwa program-program ini merupakan prioritas pemerintah kabupaten untuk mewujudkan visi Bombana sebagai kabupaten yang sejahtera, maju, dan berdaya saing. Ia menginstruksikan semua pihak terkait, seperti OPD, camat, lurah, kepala desa, dan stakeholder lainnya, untuk berkomitmen dan bersinergi dalam menjalankan program ini.

“Program-program ini merupakan prioritas kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bombana. Saya minta semua OPD, camat, lurah, kepala desa, dan stakeholder lainnya untuk berkomitmen dan bersinergi dalam menjalankan program ini,” urai Edy Suharmanto.

Ia juga menekankan pentingnya pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program-program tersebut, agar dapat mencapai target dan indikator yang telah ditetapkan. Ia meminta tim anggaran untuk menyisir dan mencermati kembali program kegiatan 2024, guna mencegah terjadinya defisit anggaran tahun berjalan (tidak tertundanya pembayaran TPP pegawai).

“Masing-masing OPD perlu menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan, sehingga jelas target dan capaian kinerja per triwulan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran di akhir tahun,” ujarnya.

Selain itu, Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri-RI. Ini juga mengingatkan pentingnya proses pengadaan barang dan jasa khususnya belanja modal, yang harus dilaksanakan sejak awal tahun, agar tidak terjadi keterlambatan dan penyimpangan. Ia juga mengharapkan kepala OPD untuk rajin berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan anggaran kegiatan/bantuan.

“Kepala OPD diharapkan rajin berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan anggaran kegiatan/bantuan. Karena salah satu keberhasilan kepala OPD adalah bagaimana dia mampu mendapatkan anggaran APBN untuk daerah,” urai Edy Suharmanto.

Suami dari Aeni Mutmainnah ini juga berharap kepada seluruh ASN lingkup Pemkab Bombana agar bekerja dengan baik, tidak memikirkan atau terpengaruh dengan isu-isu rotasi dan mutasi. Ia menekankan akan mengambil langkah-langkah penataan birokrasi yang berbasis kompetensi sehingga tidak ada yang dirugikan.

Bukan hanya itu saja, Edy Suharmanto juga berharap agar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bombana mengoptimalkan perannya sebagai corong pemerintah daerah, dengan memanfaatkan rekan-rekan pers dan semua media yang dimiliki untuk mempublikasikan sekecil apapun kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing OPD.

“Saya harap Kominfo bisa mengoptimalkan perannya, serta kepala OPD agar memberikan ruang kepada teman-teman pers. Supaya masyarakat mengetahui dan mendapatkan informasi sehingga tidak bertanya lagi apa yang akan dan telah kita lakukan,” pungkas Putra Kelahiran Bima Tahun 1966 lni.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA