oleh

Gelar Buton Selatan Festival, Momentum Bangkitnya Pariwisata Busel

Read Offline:

Batauga, HarapanSultra.COM | Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara dibawah kepemimpinan H. Laode Arusani sebagai Bupati kembali membuat gebrakan besar untuk memperkenalkan potensi pariwisata dengan menggelar perhelatan “Buton Selatan Festival” yang akan diselenggarakan sejak tanggal 29 November 2019 hingga 1 Desember 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton Selatan. Laode Harwanto, S. Pd., M.Pd, kepada awak Media HarapanSultra.COM, Rabu (6/11/2019) mengungkapkan bahwa festival yang mengangkat tema besar “Keajaiban Buton Selatan. The Wonder of South Buton’” itu merupakan tonggak  utama sekaligus upaya penting pemerintah Kabupaten dibawah kepemimpinan H. Laode Arusani sebagai Bupati untuk mempromosikan  potensi kekayaan dan keindahan alam serta keunikan budaya yang dimiliki, sekaligus mengukuhkan Buton Selatan sebagai salah satu destinasi tujuan wisata di Sulawesi Tenggara.

” Terlebih saat ini, Pariwisata telah menjadi salah satu program unggulan pemerintah Kabupaten Buton Selatan, agar nantinya secara bertahap dapat memberikan dampak langsung bagi perekonomianmasyarakat,” Tutur Laode Herwanto

Pelaksanaan Festival yang dipusatkan di Lapangan Lakarada, di Kecamatan Batauga itu, bakal menyuguhkan sejumlah acara unggulan, sebagai etalase bagi masyarakat luas untuk mengenal lebih jauh adat dan kebudayaan, kekayaan kuliner dan wastra, serta potensi kreatif yang dimiliki masyarakat Buton Selatan dengan gelaran terbaik yang disuguhkan seluruh warga Buton Selatan.

” Festival ini sekaligus akan menjadi momentum kerjasama seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah kabupaten untuk menyuguhkan pertunjukan terbaik, yang dihadirkan oleh masyarakat dalam  bentuk ritual adat, pagelaran seni dan budaya, ajang komunitas. pemilihan Duta Pariwisata Wisata, kuliner, lomba-lomba tradisional hingga fashion show untuk mengangkat kekayaan wastra Buton Selatan agar lebih dikenal,” Bebernya.

Untuk itu, ia berharap agar pagelaran Buton Selatan Festival dapat menjadi jendela untuk melihat lebih dekat keragaman budaya serta keindahan alam Kabupaten Buton Selatan.

” Beberapa wilayah di Buton Selatan terdiri atas pulau-pulau kecil yang cantik dan menempati pulau Buton yang merupakan pulau terbesar di luar pulau induk Kepulauan ini merupakan potensi besar,” Urainya

Buton Selatan Tambahnya juga dikenal memiliki potensi wisata alam yang terdiri atas pantai-pantai indah dan alami, hutan mangrove, pemandian mata air alam, danau, hingga gua. Kekayaan sejarah di kabupaten ini juga menjadi daya pikat tersendiri sebagai potensi wisata sejarah.

” Potensi wisata sejarah Busel terdiri dari benteng kuno peninggalan Kesultanan Buton, sumur tua hingga makam Gajah Mada. Lengkap dengan budaya yang berakar pada budaya Kesultanan Buton dan menjadi daya pikat tersendiri bagi siapa saja yang datang lengkap dengan khasanah kuliner khas daerah yang memiliki potensi perikanan berkat lautan yang mengelilingi Buton Selatan,” Pungkasnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun awak media ini, untuk menuju ibukota Kabupaten  Buton Selatan dapat ditempuh dengan jalur udara dari Jakarta, dengan transit di Kota Kendari atau Kota Makassar. Kemudian dilanjutkan dengan penerbangan menuju bandara di Kota Bau-bau. Dari kota Bau-bau ke Buton Selatan dapat ditempuh melalui jalur darat selama kurang lebih 25 menit.

Adapun Susunan acara Buton Selatan Festival :

Tanggal 29 November 2019

  • Ritual adat laut
  • Parade karnaval perahu
  • Pembukaan zona kuliner dan kreatif
  • Musik komunitas
  • Opening ceremony Buton Selatan Festival menampilkan tari kreasi pelajar

Tanggal 30 November 2019

  • Pagelaran karnaval budaya
  • Gelar seni budaya 7 kecamatan
  • Tarian budaya
  • Pemilihan Duta Pariwisata Buton Selatan

Tanggal 1 Desember 2019

  • Gerak jalan santai (Mai Ta Dhalae)
  • Zumba
  • Permainan dan lomba tradisional
  • Closing ceremony
  • Fashion show tenun Buton

Laporan : Abady Makmur

Read Offline:

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA