oleh

GP Ansor Bombana Ngopi Bareng bahas Pemilu Damai

Rumbia, HarapanSultra.COM | Pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bombana menggelar Ngopi Bareng bersama pengurus Partai Politik dan pengurus Ormas, kegiatan tersebut digelar sekaligus menyambut kunjungan Pengurus Wilayah GP. Ansor Sulawesi Tenggara, bertempat disalah satu kedai Kopi di Ibukota Bombana (16/1/2019).

Ketua GP. Ansor Bombana, Firdaus mengungkapkanĀ  walau kegiatan tersebut digelar sederhana, namun yang terpenting dapat diajadikan ajang silaturahmi dan penyatuan persepsi tentang pentingnya seluruh stakeholder melakukan upaya menciptakan pemilu 2019 yang damai tanpa ujaran kebencian dan penyebaran berita Hoax.

“Kita berharap agar kagiatan seperti ini dapat menyatukan persepsi kita tentang pentingnya menjadi bagian terciptanya pemilu 2019 yang damai dan upaya kita menangkal paham radikalisme dan berita hoax” Ujarnya

Kegiatan tersebut lanjut Firdaus merupakan tindak lanjut instruksi Pimpinan Pusat GP Ansor agar seluruh pengurus mensosialisasikan kepada masyarakat baik tatap muka secara langsung maupun melalui media sosial.

“Selain kegiatan seperti ini, kami juga melakukan sosialisasi melalui media sosial dan ceramah dimasjid” Bebernya

Hal senada disampaikan Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah GP Ansor Sultra, Haris Suhud. M, pihaknya mendorong agar sahabat Ansor Kabupaten senantiasa membangun kamunikasi dengan berbagai elemen masyarakat sehingga diharapkan dapat lahir pemahaman dan kesadaran bersama untuk mewujudkan dan menciptakan pemilu yang aman damai dan bermartabat.

“Saya berharap agar tema yang didiskusikan dapat mensosialisasikan nilai-nilai dan gagasan pentingnya kesadaran bersama dalam mengawal pemilu damai yang bermartabat tanpa hoax sehingga tercipta nuansa yang harmonis di Masyarakat” Ucap Haris

Apalagi lanjut Haris, Perhelatan politik itu selalu berakhir dengan konflik hal itu terjadi lantaran menipisnya nilai nilai kemanusiaan yang diterjemahkan dalam dunia politik.

“Masyarakat harusnya memanfaatkan pesta demokrasi dengan gembira dan bukan untuk mencari kesalahan pada kompetitor karena jangan sampai isu agama, isu sara dan berita hoax menjadi alat hanya untuk menang di pesta demokrasi” ungkapnya

Disamping itu, peran Media juga diharapkan harus mampu menyajikan berita yang akurat, berimbang dan memihak pada kebenaran guna membendung berita hoax yang masif di produksi dan beredar luas di masyarakat.

“Peran media disini sangat vital, sehingga independensi dan profesionalitas dengan mengedepankan kaidah dan kode etik jurnalistik sangat kita harapkan” Pungkasnya

Ditempat yang sama, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Bombana, Suritman, S.Pd berterima kasih atas undangan sekaligus memberikan support dan apresiasi kepada sahabat GP. Ansor Bombana yang telah mengajak Parpol dan Ormas untuk berdiskusi tentang pentingnya mensukseskan pemilu 2019.

“Penyebaran berita Hoax, ujaran kebencian dan paham radikal memang telah sampai pada tataran yang mengkhawatirkan sehingga kegiatan seperti ini sangat penting dan dapat menjadi referensi bagi OKP lain di Bombana ini” Singkat Anggota DPRD Bombana itu. (HS1)

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA