oleh

Gunakan Alat Canggih, Polisi Olah TKP Kecelakaan yang Tewaskan 6 Mahasiswa UHO

Bombana, Harapan Sultra.COM | Ditlantas Polda Sultra dan Polres Bombana menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut di Kelurahan Lameroro, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana, yang menewaskan 6 orang mahasiswa Universitas Haluoleo (UHO), Selasa (08/06/2021).

Pada olah TKP ini polisi menggunakan peralatan canggih yakni peralatan TAA (Traffic Analysis Accident) dan teknologi 3D laser.

Wadir Lantas Polda Sultra, AKBP Yulianto S.I.K mengatakan, melalui alat itu, polisi bisa melakukan foto dan perekaman di lokasi kejadian.

“Di dalamnya juga ada software yang akan mengolah foto itu, lalu ada elemen yang menyampaikan dalam bentuk animasi video hasil dari pada software itu,” jelas Yulianto

Proses pemeriksaan kendaraan menggunakan alat canggih
Proses pemeriksaan kendaraan menggunakan alat canggih

Melalui teknologi TAA ini, nantinya petugas akan mendapatkan gambaran penyebab terjadinya kecelakaan. mulai dari laju kecepatan, jarak pengereman, pergerakan mobil, hingga gambaran saat mobil menabrak pohon.

“Hasilnya kami usahakan mungkin 2 atau 3 hari ke depan. Intinya, hasilnya ini bisa merekonstruksi tentang kejadian laka lantas baik sebelum, sesaat, maupun sesudah kejadian,” tutur Yulianto.

Sebelumnya diberitakan, sebuah Mobil Toyota Avanza warna hitam DT 1536 TE menabrak pohon yang berada di pinggir dengan jumlah penumpang 9 orang termasuk pengemudi yang terjadi di Jalan Poros Tompobatu, Kelurahan Lameroro, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara menyebabkan 6 orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Haluoleo (UHO) Kendari meninggal dunia.

Pewarta : Muh. Adnan

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA