oleh

Hadiri Rakor persiapan pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN),Bombana Dapat Jatah 884 Orang CPNS

-ADS-1255views

Jakarta,HarapanSultra,COM / Pj. Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, didampingi Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Bombana, Ridwan, S.Sos., M.P.W., menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.Kamis (14/03/2024)

Acara ini, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, dihadiri oleh MenPANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono, dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim.

Dalam arahannya, Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa Kementerian PANRB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari instansi pusat dan daerah sejumlah 1,38 juta. Formasi yang telah ditetapkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah sebanyak 1,28 juta, yang akan direalisasikan secara bertahap.

ASN yang akan direkrut terbagi menjadi dua kategori, yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang terbuka bagi lulusan baru atau fresh graduate, dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN serta mantan Tenaga Harian Lepas Kategori Dua (THK-2) yang telah terdaftar dalam basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Pemerintah pada tahun ini memberikan peluang lebih besar kepada fresh graduate, dengan jumlah rekrutmen CPNS yang meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam menyelesaikan penataan tenaga honorer,” ungkap Anas.

Sementara itu saat di hubungi oleh awak media via Whatsapp,Ridwan, S.Sos., M.P.W., menambahkan bahwa dalam Rakor tersebut dibahas penyampaian dokumen persetujuan prinsip terkait kebutuhan pegawai ASN di lingkungan pemerintah kabupaten/kota untuk tahun 2024.

“Pemerintah Kabupaten Bombana mendapatkan alokasi rekrutmen ASN sebanyak 884 orang untuk tahun ini, yang akan diprioritaskan bagi tenaga honorer,” terang Ridwan.

Berikut Penjelasan singkat,Ridwan tentang beberapa persyaratan umum yang biasanya diperlukan untuk fresh graduate yang ingin mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024:

  1. Kewarganegaraan Indonesia: Calon pelamar CPNS wajib memiliki kewarganegaraan Indonesia
  2. Usia: Pada tahun pendaftaran 2024, batas usia maksimal untuk mendaftar CPNS adalah 35 tahun
  3. Pendidikan Minimal Sarjana (S1): Fresh graduate harus memiliki gelar sarjana (S1) dari perguruan tinggi yang diakui oleh pemerintah
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang Memadai
  5. Sehat Jasmani dan Rohani

Selain itu, berikut adalah beberapa dokumen yang biasanya dibutuhkan untuk melamar seleksi CPNS 2024

  • Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap.
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir.
  • Surat keterangan sehat dari dokter.
  • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku.
  • Pas foto terbaru.

Harap dicatat bahwa persyaratan ini dapat berubah dan berbeda-beda tergantung pada instansi dan posisi yang dituju, jadi pastikan untuk selalu memeriksa informasi terbaru dari sumber resmi.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA