oleh

Harapan Wakil Rakyat dan Seniman Bombana di HPN 2021

Bombana, HarapanSultra.COM | Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) setiap tanggal 9 Februari ditanggapi berbeda dikalangan masyarakat tanpa terkecuali Anggota DPRD selaku wakil rakyat di parlemen dan juga pekerja seni di Kabupaten Bombana.

Kepada awak media harapansultra.com Anggota DPRD dari Fraksi Perjuangan Demokrasi, Herlin, S.Psi mengatakan momentum HPN diharapkan dapat menjadikan Pers sebagai agen kontrol atas pembangunan di Indonesia terkhusus di Kabupaten Bombana.

Insan pers baik yang bekerja pada media online, cetak maupun elektronik dapat menyajikan berita yang berimbang, akurat sehingga dapat menjadi referensi terpercaya masyarakat.

“Selamat Hari Pers Nasional, semoga dunia pers menjadi akselerator perubahan seperti tema HSN 2021 ini, serta tetap berperan sebagai kontrol sosial,” ujar Herlin, selasa (09/02/2021).

Selain itu Pers juga diharapkan menjadi penyambung lidah rakyat dengan mewartakan kondisi faktual di masyarakat karena bisa jadi ada beberapa hal yang sangat penting ditengah masyarakat namun terlewatkan oleh monitoring DPRD dan Pemda sebagai Penyelenggara Pemerintahan Daerah, begitupun sebaliknya, Pers wajib menyajikan kondisi faktul penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada masyarakat dengan transparan.

“Karena hak masyarakat untuk mengetahui kondisi penyelenggaran pemerintahan itu di jamin oleh UU keterbukaan Informasi publik dan Pers harus tetap memposisikan diri dalam keseimbangan serta tetap berpihak kepada kepentingan masyarakat (publik),” jelas Aleg Dapil Rumbia itu.

Ke depannya, Elin sapaan akrab salah satu legislator perempuan di DPRD Bombana itu berharap, selain peran jurnalis sebagai pendidik masyarakat dan sumber informasi terpercaya juga jurnalis dapat mengangkat potensi daerah tempat ia bertugas.

“Karya-karya pers harus bisa menjadi pencerah dan membangun peradaban sehingga berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa,” harapnya.

Sementara itu ditemui terpisah, Amartoyo, S.Sos selaku sekretaris Forum Komunitas Bersama Anoa Musisi Kreatif (FKB-AMK) Cabang Bombana mengharapkan HPN ditahun ini dapat menjadikan insan pers lebih berkolaborasi dengan insan seni dalam mempublikasi kegiatan dan karya seni mereka.

Pria yang aktif di bidang seni melihat jurnalis di Bombana belum begitu tertarik meliput acara yang berunsur seni, hal ini diperparah lagi kurangnya perhatian pemerintah untuk para insan seni.

“Prestasi dalam bidang seni jarang terekspos media dan kita sering berjuang sendiri. Padahal sebenarnya bisa dijadikan berita dalam bentuk jurnalis sastrawi, tokoh, biografi dan hal lainnya,” ujar Amartoyo

 

Pewarta : Muh. Adnan

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA