oleh

HMI Wakatobi Desak Pemda Segera Hentikan Aktifitas PT. Golden Prima

-Head Line-11.140views

Wakatobi, HarapanSultra.COM | Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Hijau Hitam Wakatobi mendesak pemerintah kabupaten wakatobi untuk menghentikan segala bentuk aktivitas PT. Golden Prima di daerah itu karena menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan sekitar perusahaan.

Tuntutan tersebut disampaikan Harjo selaku Kepala bidang pembinaan anggota HMI Komisariat Hijau Hitam Wakatobi saat ditemui awak media HarapanSultra.COM, Sabtu (17/07/2019).

“Segala bentuk aktivitas PT. Golden Prima harus dihentikan, karena selama ini dampak yang ditimbulkan berupa kerusakan lingkungan yang sangat parah,” Tandas Harjo

Menurut mantan Kabid PTKP HMI Wakatobi itu, aktivitas PT. Golden Prima selama ini telah melanggar peraturan daerah kabupaten Wakatobi tentang ketertiban umum, disamping itu aktivitas pengangkutan bahan material berupa agregat dari pelabuhan pangulubelo ke lokasi penampungan, semuanya tidak sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Mestinya mobil-mobil yang mengangkut agregat kasar tersebut menutupi bak mobil pada saat operasi, tapi faktanya tidak,” Ungkapnya

Terlebih lagi, luas Kota wangi-wangi sebagai ibu kota kabupaten Wakatobi sangat sempit sehingga aktifitas PT. Golden Prima berdampak sangat besar terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat yang setiap hari menghirup asap dan debu yang ditimbulkan.

HMI juga menyoroti wilayah wangi-wangi yang dalam rencana tata ruang wilayah sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Wakatobi berubah menjadi area pertambangan galian C yang dilakukan sejumlah perusahaan baik legal maupun ilegal.

“Sesuai Perda kabupaten Wakatobi nomor 12 tahun 2012 mengenai RTRW, wangi-wangi adalah pusat pemerintahan Kabupaten Wakatobi, namun sekarang menjadi wilayah pertambangan,” ujarnya.

Untuk menindaklanjuti persoalan ini Harjo mengungkapkan bahwa ia bakal menurunkan seluruh kader HMI wakatobi untuk melakukan aksi unjuk rasa dalam waktu dekat ini.

“Dalam waktu dekat ini HMI wakatobi akan mempresur persoalan ini, dalam artian saya akan Komunikasi langsung dengan ketua umum HMI Wakatobi untuk mengintruksikan seluruh kader HMI agar melakukan aksi unjuk rasa serta memboikot titik sentral dari perusahaan PT. Golden Prima,” tutupnya. (adm)

Laporan : Samidin

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA