oleh

Keciprat Bantuan dari Kemensos RI, Dinsos Busel Gelar Seleksi Pendamping KUBE

Batauga, HarapanSultra.COM | Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan menggelar seleksi Pendamping Kelompok Usaha Bersama (KUBE), bertempat di Aula Kantor Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (3/10/2019).

Kepala Dinas Sosial Buton Selatan, H. Kostantinus Bukide mengungkapkan bahwa Proses Seleksi yang digelar sejak pukul 08:00 sampai dengan 16:00 itu diharapkan dapat melahirkan pendamping KUBE yang Cerdas, Berintegritas Tinggi serta mampu menguasai IT.

“Para pendamping yang lulus seleksi nantinya, setiap 1 (satu) orang pendamping akan  mendampingi 100 kk / 10 kelompok dan membuat laporan secara online untuk setiap bulannya,” Tutur Kostantinus.

Hal tersebut lanjut Calon kuat Sekda Buteng itu, karena pada tahun anggaran 2020 Kabupaten Buton Selatan kecipratan dana dari Kementerian Sosial RI melalui Dikrektorat Penanganan Fakir Miskin Wilayah III yang diperuntukkan untuk 600 kk yang terbagi dalam 60 kelompok.

Bantuan tersebut, diperuntukan bagi keluarga Fakir miskin yang terdaftar dalam basis data terpadu (BDT), dan telah terbentuk kelompok KUBE serta memiliki embrio usaha.

“Setelah terpenuhi persyaratan itu semua operator kami menginput secara online menggunakan aplikasi “si montok“ yang terkoneksi langsung ke Kementerian Sosial RI,”  Ungkapnya.

Disamping itu, Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan juga mendapatkan bantuan program untuk Rumah tidak layak huni (RUTILAHU) sebanyak 100 unit,  serta sarana lingkungan (sarling) 1 (satu) lokasi.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan, Insanu yang didampingi oleh Tim dari Kemensos RI, Isni Nuraini dan Ashifa, serta Anna Carolina Pudjiastuty dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara, menuturkan bahwa proses seleksi ini benar-benar diumumkan secara terbuka untuk umum, yang berada di Kecamatan Lapandewa dan Kadatua.

” yang lolos nantinya benar-benar harus memiliki integritas, intelektual serta nurani yang peka terhadap permasalahan sosial yang ada diwilayah dampingannya nanti,” Imbuhnya.

Suasana Seleksi Pendamping Kube
Suasana Seleksi Pendamping Kube

Sementara itu, Plt. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Haryadi yang didampingi Kasi Penanganan Kemiskinan Nur Hardianti menyampaikan bahwa seleksi pendampingi Kube tersebut diikuti oleh 18 orang yaitu peserta yang terdiri dari Kecamatan Lapandewa sebanyak 12 orang dan dari Kecamatan Kadatua sebanyak 6 orang.

” Dari ke 18 orang peserta tersebut diseleksi untuk mendapatkan 6 orang peserta terbaik, melalui tes tertulis dan tes wawancara yang di uji langusung oleh pihak Kementerian Sosial RI dan pihak Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara,” Beber Haryadi.

Nantinya tambah Haryadi, peserta yang berasal dari Kecamatan Lapandewa yang terdiri dari 12 orang peserta akan disaring menjadi 4 (empat) orang, sedangkan yang berasal dari Kecamatan Kadatua dari 6 orang peserta disaring menjadi 2 (dua) orang peserta. (Hyd)

Pewarta : Abadi Makmur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA