oleh

Kejar Target Turunkan Angka Stunting di Bombana, Tim Lakukan Pertemuan Teknis

-REGIONAL-1316views

Bombana, HarapanSultra.COM | Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Bombana gelar kegiatan Fasilitasi Pertemuan Teknis pelaksanaan Technical Kegiatan Assistant bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Bombana Tahun 2023 yang dihadiri oleh tim dari perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara dan resmi dibuka oleh Sekda Bombana Drs. Man Arfa, M.Si mewakili Pj. Bupati Bombana, bertempat di Aula Kantor Bappeda setempat. Senin (18/09/2023)

Stunting menjadi isu nasional yang harus dituntaskan dengan target penurunan hingga 14% diakhir tahun 2024 (Peraturan Presiden Nomor 72 Tentang Percepatan Penurunan Stunting). Untuk itu Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Bombana terus melakukan inovasi-inovasi dalam menekan angka prevalensi stunting.

Diketahui angka prevalensi stunting di Kabupaten Bombana masih jauh dari ambang batas target yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat. Untuk mewujudkan Indonesia bebas stunting, diperlukan koordinasi di Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten atau Kota dan Pemerintah Desa atau Kelurahan dalam upaya percepatan penurunan stunting secara utuh, menyeluruh dan terpadu.

Sekda Bombana mengatakan, setidaknya ada 3 pendekatan yang bisa dilakukan untuk menekan laju peningkatan angka stunting diantaranya, pendekatan intervensi gizi, pendekatan multisektor dan multipihak, dan pendekatan berbasis keluarga berisiko stunting.

“Pemerintah Daerah masih terus melakukan pengembangan terkait 3 pendekatan tersebut yang nantinya akan segera diimplementasikan ke masyarakat,” ujarnya

Ia berharap, melalui kegiatan ini angka stunting di Kabupaten Bombana segera diatasi dengan baik melalui kerjasama dari berbagai pihak dan bisa berjalan dengan lancar dengan melakukan pemaduan, sinkronisasi, dan sinergisitas program, dan kegiatan dalam upaya percepatan penurunan stunting.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menguatkan kebersamaan serta membangun komitmen kita bersama sehingga stunting di Bombana dapat kita turunkan, dan saya berharap kolaborasi antara stakeholder dapat terus berjalan dengan lancar, serta lebih giat lagi dalam upaya percepartan penurunan stunting” tutup Sekda Bombana. (Adv)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA