oleh

Kerap Kecelakaan Maut, Warga Desa Batuawu Gotong Royong Benahi Jalan

Harapan Sultra. COM, Kabaena | Kerap terjadi kecelakaan maut, warga Desa Batuawu, Kecamatan Kabaena Selatan, Kabupaten Bombana gotong royong memperbaiki jalan puncak batuawu yang menghubungkan antara desa Batuawu dan Desa Langkema Kec. Kabaena Selatan, Sabtu (30/09/2018) yang  di pimpin langsung Babinsa, Babinkabtimas, dan Ketua LPM Desa Batuawu.

Ilham, Babinkamtibmas Desa Batuawu yang menginisiasi agar jalan ini di kerjakan dengan bergotong royong menuturkan bahwa Jalan itu di kerjakan warga dari hasil penggalangan dana di masyarakat dan kontribusi dari berbagai pihak, hal itu dilakukan karena kondisi jalan yang rusak parah, berlubang hingga kerap terjadi kecelakaan lalulintas.

“Puncak jalan Batuawu ini sering kali terjadi kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya, beberapa korban bahkan ada yang sampai meninggal dunia hingga cacat fisik berat, saya melihat jalur puncak ini sudah semakin parah berlubang, Solah tiada lagi sisi jalan yang bisa di lalui kendaraan jika bukan lubang dalam yang jadi pijakan kendaraan” Tutur Ilham

lanjut Polisi berpangkat Brigadir ini, ia kemudian berkordinasi dengan pemerintah desa agar melakukan gotong royong agar tidak mengancam keselamatan pengguna jalan.

“Alhmadulillah masyarakat berbondong2-bondong mengerjakannya,” Tegas Ilham

Sirajuddin tokoh masyarakat desa Batuawu manambahkan, pada tahap pertama ini, bakal dikerjakan di sisi ruas sebelah kiri arah puncak karena dana yang terhimpun juga masih belum cukup untuk di kerjakan secara keseluruhan.

“Sembari menunggu ruas sebelah kiri kering baru pekan depan lagi kita kerjakan sisi sebelah kanan dan semoga masa seminggu ini ada lagi tambahan sumbangan yang datang untuk kita tuntaskan sepanjang jalur puncak ini” jelas ketua LPM desa Batuawu ini.

Tak ketinggalan Suryad yang juga tokoh pemuda Desa Batuawu ikut berkomentar dan menurutnya masyarakat kabaena sangat mengharapkan perhatian besar pemerintah dan stakeholder terkait agar memperhatikan infrastruktur jalan yang ada dipulau itu yang kondisinya secara menyeluruh rusak parah.

“Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan tambang yang hadir di pulau ini, seharusnya telah membantu pemerintah dalam pembangunan infrastruktur jalan di Kabaena mengingat kekayaan SDA yang sedang di kelola perusahaan yang ada jika dinilai sangatlah mampu menuntaskan penderitaan masyarakat kabaena dari sisi infra struktur” Beber Suryad.

Hingga saat ini lanjutnya, pihak yang memberikan kontribusi pada kegiatan itu baru PT. Tambang Bumi Sulawesi dari beberapa perusahaan tambang yang ada di Kabaena selatan dan Pihak Polsek Kabaena Barat.

“Rusak parahnya ruas jalan ini juga akibat seringnya di lalui kendaraan alat berat milik perusahaan tambang yang melintas”. tutup Suryad

Dari pantauan awak media ini, secara keseluruhan jalur utama lintas Kabaena sebetulnya dalam kondisi rusak parah, dari ujung timur hingga sudut selatan pulau yang terkenal dengan limpahan kekayaan sumber daya alamnya itu. (ardian)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA