oleh

Komitmen Majukan Sektor Perikanan, DKP Buton Selatan Programkan Berbagai Bantuan

Batauga, HarapanSultra.COM | Untuk mendukung pengembangan potensi perikanan di Buton Selatan (Busel), Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton Selatan bakal mengalokasikan sejumlah bantuan untuk Tahun Anggaran 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton Selatan, Laode Taatlan saat menerima kunjungan Tim Tenaga Ahli Program Pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat (P3MD) Kabupaten Buton Selatan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton selatan, Rabu, (9/10/2019).

Kunjungan Tim P3MD Busel itu, bertujuan untuk mengkoordinasikan kegiatan kegiatan dari Dinas Kelautan dan Perikanan yang diperuntukan kepada Desa-Desa di wilayah Busel untuk Tahun Anggaran 2020 mendatang agar tidak tumpang tindih dengan kegiatan yang akan di programkan di Desa Desa dengan menggunakan Dana Desa.

Laode Taatlan mengungkapkan, untuk Tahun Anggaran 2020 pihaknya telah menyusun rencana kegiatan untuk mendukung pengembangan potensi perikanan untuk beberapa Desa dan kelurahan.

Adapun kegiatan yang dimaksud, berupa Pengadaan Rumpon, Pengadaan alat tangkap ikan yakni kapal dengan kapasitas 3 Gross Ton dan 1 Gross Ton, Pengadaan Rumput laut dan Pengadaan Bibit ikan.

” Semua kegiatan ini dialokasikan berdasarkan usulan yang masuk dari beberapa Desa dan kelurahan,” Beber Taatlan.

Sehingga jika berdasarkan usulan yang diterima oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton Selatan maka Bantuan Pengadaan Rumpon akan dialokasikan untuk Kelurahan Bandar Batauga Kecamatan Batauga, Desa Bangun, Watiginanda, Windu Makmur di Kecamatan Sampolawa.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton Selatan, Laode Taatlan
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton Selatan, Laode Taatlan

Desa Lamaninggara, di Kecamatan Siompu Barat. Desa Kapoa Barat, Waonu, Mawambunga di Kecamatan Kadatua, Desa Wakinaamboro, Batuawu, Lapara, Waindawula di Kecamatan Siompu dan Desa Gaya Baru Kecamatan Lapandewa.

Sementara untuk Bantuan Kapal 3 GT, Desa Wawoangi, Bangun, Desa Gerak Makmur, Kelurahan Katilombu, Kelurahan Jaya bakti di Kecamatan Sampolawa, Desa Waindawula, Lontoi, Lapara, Wakinamboro di Kecamatan Siompu.

Desa Banabungi Selatan, Kapoa, Waonu, Marawali di Kecamatan Kadatua, Molona, Mbanua, Lalole, Watuampara di kecamatan Siompu Barat, Desa Gaya Baru, Burangasi Rumbia di Kecamatan Lapandewa, Desa Lampanairi di Kecamatan Batauga, Desa Batuatas Timur, Wacuala. di Kecamatan Batu Atas.

Untuk Bantuan kapal dengan kapasitas 1 Gross Ton akan diperuntukan bagi Desa Lipu, Kapoa Barat di Kecamatan Kadatua, Desa Windu Makmur, Kelurahan Katilombu Wawoangi di Kecamatan Sampolawa, Desa Burangasi di Kecamatan Lapandewa, Desa Batuawu, Waindawula. Wakinamboro di Kecamatan Siompu

Desa Kamoali dan Desa Lalole di Kecamatan Siompu Barat, kemudian Desa Lampanairi dan Kelurahan Bandar batauga di Kecamatan batauga.

Sementara itu, untuk Bantuan Rumput laut hanya diperuntukan bagi Kelurahan Katilombu dan Kelurahan Jaya bakti di Kecamatan Sampolawa, serta Bantuan bibit ikan diperuntukan bagi Kelurahan Bandar Batauga di Kecamatan batauga.

Mantan Sekertaris Dinas Pertanian ini menambahkan bahwa Anggaran untuk beberapa jenis bantuan dimaksud merupakan Dana Alokasi Khusus tahun Anggaran 2020.

Ditempat yang sama, Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna, La Taane, S.Pi mengharapkan agar dengan adanya informasi ini sebagai output dari hasil koordinasi Tim P3MD dengan Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Buton Selatan, para Kepala Desa dapat menyesuaikan dengan Rencana kegiatan yang akan diprogramkan melalui Dana Desa untuk Tahun Anggaran 2020.

“ Kami harap Para Kepala Desa dapat menyesuaikan dengan Rencana kegiatan yang akan diprogramkan melalui Dana Desa untuk Tahun Anggaran 2020, hal ini bertujuan agar kegiatan di Desa tidak lagi tumpang tindih dengan Kegiatan dari SKPD” Harapnya. (Abady Makmur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA