oleh

Loka Minaula Kendari Lakukan Penguatan LKS LU di Buton Selatan

Batauga, HarapanSultra.COM  |  Loka Rehabiliatsi Sosial Minaula Kendari selenggarakan Penguatan bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial dan Tokoh Masyarakat yang ada dilingkungan LKS masing-masing dengan maksud memberikan pemahaman tentang tata Kelola Program Pelayanan yang dilakukan oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia dalam menjalankan fungsinya sebagai mitra Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Kota maka LKS LU dapat berperan untuk mencegah terjadinya masalah social, serta memberikan pelayanan social kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) agar masyarakat dapat menjalankan fungsi sosialnya dengan baik.

Plt.Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton selatan LA ASARI dalam sambutannya menyampaikan bahawa dengan hadirnya LKS LU di Buton Selatan diharapkan dapat membantu Pemerintah khususnya dibidang Pelayanan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia baik yang masih Potensial maupun yang sudah non potensial, dan saat ini Penanganan Lanjut Usia di Busel masih dilakukan Model Pelayanan di Luar Panti.

“Artinya para Lansia tetap berada dilingkungan keluarganya, kemudian diberikan Bantuan Sosial berdasarkan hasil Asesmen kebutuhan Lansia yang dilakukan oleh petugas lapangan. LKS LU masing-masing,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial HARYADI sebagai Pembina teknis LKS LU diwilayah Buton Selatan berharap adanya LKS – LKS baru yang memang terpanggil hati nuraninya untuk turut serta  menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) baik itu LKS yang menangani Lanjut Usia, LKS yang khusus menangani Anak dan LKS yang menangani Disabilitas yang ada ditengah tengah masyarakat, dan diharapkan setiap Kecamatan ada LKS untuk mempermudah jangkauan masyarakat.

“Saat ini di Kabupaten Buton Selatan baru ada 3 (tiga ) LKS LU, yaitu : LKS LU Al Mujahidin / Pusaka 33 beralamat di Desa Molona Kecamatan Siompu Barat, LKS LU Harapan Bangsa / Pusaka 34 Kantor Pusat di Kecamatan Batuatas dan saat ini membuka Perwakilan di Kelurahan Lakambau Kecamatan Batauga untuk mempermudah mendapatkan Jaringan Internet serta LKS LU Katoba Mambulu / Pusaka 35 yang beralamat di jalan Gajah Mada belakang Kantor PDAM Busel,” Bebernya.

Sementara itu, Petugas Loka Minaula Kendari Ibu Indrawati saat ditemui di Ruang Rapat Dinas Sosial Buton Selatan Kamis 2 September 2021. mengatakan untuk mencapai Kondisi Pelayanan Prima bagi Lansia, maka Pelayanan yang diberikan itu tidak hanya dari Pemerintah dan masyarakat saja.

“Tetapi sebagai Lembaga Primer, Keluarga memiliki Peranan Penting terutama untuk menjalankan Keberfungsian social bagi Lanjut Usia,” jelasnya. (hyd/rls)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA