oleh

Maksimalkan Pembangunan, Desa Lapandewa Makmur Tetapkan Usulan Kegiatan Prioritas

Batauga, HarapanSultra.COM | Pemerintah Desa Lapandewa Makmur, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan terus berupaya memaksimalkan pembangunan Desa dengan melakukan penyusunan rencana pembangunan Desa melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembang) Tahun 2022.

Kepala Desa Lapandewa Makmur, Ganiru mengungkapkan bahwa Pihaknya telah menggelar Musyawarah rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes) pada tanggal 25 Oktober 2021 di Kantor Desa Lapandewa Makmur yang dihadiri Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Buton Selatan dan Pendamping Kecamatan Lapandewa.

Ganiru menguraikan bahwa Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Tahun 2021 dilaksanakan sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Desa Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

“Dimana dalam ketentuan pasal 21 ayat (1) Permendes tersebut menegaskan bahwa Perencanaan Pembangunan Desa disusun oleh Pemerintah Desa sesuai dengan kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala Desa dengan mengacu pada perencanaan pembangunan Kabupaten atau Kota,” ujar Ganiru.

Sementara itu, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Buton Selatan, Abady Makmur, S.IP, S.H menegaskan bahwa Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa merupakan tahapan ketiga dari rangkaian proses penyusunan dan Penetapan Rencana Kerja Pembangunan Desa Tahun yang akan datang.

Dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa, lanjut Bang AM, akan menghasilkan tiga output yakni disepakatinya Daftar usulan kegiatan Desa yang akan didanai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDEs), disepakatinya Daftar usulan kegiatan yang akan didanai dengan Dana Desa .

“Setra disepakatinya Daftar usulan kegiatan yang akan diusulkan ke Pemerintah Kabupaten untuk tahun Anggaran 2023,” rincinya.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA