oleh

MTsN 1 Bombana Wakili Madrasah Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten

Rumbia, Harapansultra.com-Perpustakaan Madrasah Al –Ikhlas, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Bombana mendapatkan giliran mengikuti lomba perpustakaan tingkat Kabupaten Bombana. Penilaian lomba perpustakaan tersebut dilaksanakan oleh tim penilai perpustakaan Kabupaten Bombana di ruang perpustakaan Madrasah pada kamis (01/08).

Tim penilai tersebut langsung memasuki ruang perpustakaan untuk melihat bahan pustaka yang menjadi penilaian mereka. Selain itu tim juga meminta keterangan kepada pustakawan terkait pendistribusian, pengadaan dan pengelolaan perpustakaan yang selama ini dilakukan. Selain itu penilai juga memeriksa buku-buku bahan cetak dan elektronik apakah memang bahan tersebut digunakan atau hanya sekedar pajangan saja.

Salah seorang tim penilai Sulpiah, S.Ag selaku Plt. Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Daerah mengatakan, tahun ini MTsN 1 Bombana mendapatkan giliran untuk mengikuti lomba perpustakaan tingkat kabupaten, jika menang maka akan diikutkan lomba pada tingkat provinsi.

“Tahun ini MTsN 1 Bombana kami tunjuk untuk mengikuti lomba perpustakaan sekolah ditingkat Kabupaten Bombana, jika nanti menang maka akan diikutkan lomba perpustakaan sekolah ditingkat Provinsi dan terus tingkat Nasional jika masih menjadi yang terbaik. Oleh karena itu kami datang untuk melihat langsung sekaligus menilai apa saja yang sudah dilakukan oleh MTsN 1 Bombana dalam hal pengelolaan perpustakaan di Madrasahnya”. Jelasnya.

Sementara itu Kepala Perpustakaan Madrasah, Agus Akmal menuturkan bahwa, penilaian kali ini adalah penilaian yang menjadi cambuk kepada kami untuk terus berbenah, pasalnya selama ini perpustakaan belum terkelola dengan baik seperti yang dikehendaki undang-undang perpustakaan.

“Penilaian tahun ini adalah cambuk bagi kami pengelola perpustakaan untuk terus berbenah, pasalnya selama ini kami belum melakukan pengembangan perpustakaan secara optimal sehingga terkesan apa adanya. Insyaallah kedepannya akan kami benahi perpustakaan madrasah ini seperti yang dikehendaki oleh Undang-undang perpustakaan no 43 tahun 2007 dan keputusan Kepala Perpustakaan Nasional No 11 tahun 2017”. Urainya.

Dikesempatan yang sama Kepala MTsN 1 Bombana Drs. Lukman, MM mengaku bahwa, oleh kanwil kementerian Agama Sulawesi Tenggara telah mengutus kader perpustakaan di MTsN 1 Bombana  untuk didiklat tentang pengelolaan dan pengembangan kepustakaan.

“Alhamdulillah MTsN 1 Bombana salah satu karyawannya telah diutus untuk mengikuti diklat kepustakaan, insyaallah kedepannya perpustakaan akan kita benahi seperti yang kita inginkan bersama. Kita akui bahwa selama ini perpustakaan hanya sekedar nama, sekedar tempat meminjam referensi, namun ternyata masih banyak lagi yang harus kita lakukan demi pengembangan perpustakaan, pengembangan pembelajaran yang ada di Madrasah ini”. Pungkas lukman.

Proses penilaian lomba perpustakaan ini didampingi langsung oleh Kepala MTsN 1 Bombana, dan Kepala Perpustakaan Madrasah.

Pewarta : Hir.

Sumber: Sultra. Kemenag.co.id

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA