oleh

Musrenbang RKPD Bombana, Selaraskan Program Pusat dan Provinsi

Bombana, HarapanSultra.COM | Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bombana Tahun 2021 yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bombana, di Auditorium Tanduale Kantor Bupati Bombana, Rabu (31/3/2021) berjalan lancar dan sukses.

Sekretaris Daerah Bombana Drs. Man Arfa, saat mewakili Bupati Bombana memberikan sambutan mengatakan, RKPD Kabupaten Bombana yang disusun saat ini merupakan dokumen perencanaan daerah tahun 2022, yang didasari oleh Arah Kebijakan Pembangunan Daerah pada Dokumen RPJMD tahun 2017-2022 dengan memperhatikan Prioritas Pembangunan Nasional dan Prioritas Pembangunan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan merupakan salah satu rangkaian proses perencanaan pembangunan yang bersifat partisipatif yang dalam pelaksanaannya dimulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

“Untuk itu Bupati berpesan agar forum strategis ini dimanfaatkan secara maksimal, serta menjadi ruang diskusi konstruktif dalam melahirkan berbagai gagasan solutif untuk menjawab berbagai isu strategis pembangunan,” ujar Man Arfa.

Mantan Inspektur Insektorat Daerah itu mengatakan bahwa hasil pelaksanaan Musrenbang RKPD ini sangat terkait erat dengan RAPBD Kabupaten Bombana Tahun Anggaran 2022.

Untuk itu kepada pejabat yang terkait dalam penyusunan dokumen perencanaan, agar tetap konsisten dengan apa yang telah disepakati sehingga APBD Bombana Tahun 2022, dapat disesuaikan dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur.

Bupati Bombana juga mengajak seluruh pemangku kepentingan pembangunan untuk selalu optimis dalam upaya pemeliharaan kesejahteraan masyarakat yang menyeluruh dan berkeadilan serta mempersiapkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia sebagai modal dasar untuk maju dan berdaya saing.

“Pemangku kepentingan juga harus menerapkan prinsip-prinsip keseimbangan lingkungan dalam melaksanakan pembangunan,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Bombana, Doddy A. Muchlisi. SE.,M.AP, selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan Musrenbang RKPD Bombana Tahun 2021 itu adalah untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Bombana dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi Sulawesi tenggara.

Kemudian mengklarifikasi program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten pada musrenbang Kecamatan.

“Berikutnya mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas kabupaten serta menyepakati program dan kegiatan prioritas daerah,” jelas Doddy.

Pantauan awak media ini, saat sesi diskusi banyak saran dan pendapat yang disampaikan untuk kemajuan Kabupaten Bombana kedepan, rangkaian kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Bombana Tahun 2021 dan Rencana Program dan kegiatan prioritas daerah.

Pewarta : Muh. Adnan

 

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA