oleh

P3MD Busel Dorong Perencanaan Desa Tepat Sasaran

-Head Line-11.890views

Batauga, Harapansultra.com |
Salah satu wujud kesuksesan Pembangunan Desa tepat sasaran dan efisien adalah terselenggaranya Pelaksanaan Musyawarah Desa sesuai dengan tahapan sebagaimana telah di atur dalam ketentuan Permendagri No.114/2014 tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan Desa.

Dalam kunjungannya, Tenaga Ahli Bidang Perencanaan partisipatif yang baru direlokasi dari Kabupaten Buton ke Kabupaten Buton Selatan,Amiruddin Majid, SP, membeberkan bahwa untuk mencapai output pembangunan Desa sesuai harapan Pemerintah, maka Perencanaan Pembangunan Desa harus dilakukan secara bertahap sesuai ketentuan. untuk itu pihaknya menekankan kepada semua Pendamping Desa dan Pendamping lokal Desa agar bersama sama memberikan penguatan serta memfasilitasi penyelenggaraan Musyawarah Desa sesuai dengan amanat Permendagri No 114/2014 tentang pedoman perencanaan Pembangunan Desa, Selasa (21/5/2019).

“Kita akan bersama sama dengan pahlawan-pahlawan Desa lainya termasuk Tim Tenaha Ahli Kabupaten PD/PDTI dan PLD secara konsistem dan kontinyu melakukan fasilitasi pelaksanaan Musdes hingga tuntas sesuai dengan harapan Pemerintah” tukasnya.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan Musyawarah perencanaan pembangunan Desa agar dapat terlaksana secara maksimal, maka langkah awal yang ditempuh adalah kunjungan ke Kecamatan siompu dan siompu Barat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai potensi yang dimiliki oleh masing masing Desa.

Senada, Laode Arman Abo sebagai Pendamping Desa kecamatan siompu yang mendampingi Tim P3MD dari Kabupaten mengharapkan agar dalam kunjungan Tim TAPM di wilayahnya dapat menghasilkan output yang postitif.

” Tentu sangat bersyukur atas kunjungan Tenaga ahli di wilayah saya karena harus diakui jika perencanaan Desa selama ini belum sepenuhnya memenuhi ketentuan permendagri apalagi yang jadi penghambat adalah lambatnya perbup tentag penentuan bagi indikatif Desa di terbitkan oleh pemerintah Daerah”, Ungkap Arman Abo.

Secara terpisah, Tenaga Ahli Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Buton Selatan, Abady Makmur mengatakan bahwa sejatinya perencanaan Desa harus di integrasikan dengan Sistim perencanaan Daerah agar arah pembangunam tidak semrawut. (AM)

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA