oleh

Pelayanan Aminduk di Disdukcapil Kabupaten Bombana Terus Berupaya Menciptakan Pelayanan Terbaik

-ADS-1139views

Bombana, HarapanSultra , COM / – Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bombana terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilakukan sepanjang Juli hingga Desember menunjukkan bahwa pelayanan Disdukcapil memperoleh nilai 85,03 dengan kategori “Baik”.Senin (29/04/2024)

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bombana, Firdaus, S. Pd. M.M., menyampaikan bahwa hasil survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Aminduk di Disdukcapil untuk tahun 2023 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai 86,37. Meskipun demikian, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tetap berada dalam kategori “Baik”.

“Hasil survei kepuasan publik menjadi salah satu tolak ukur untuk menilai kualitas pelayanan yang selama ini diberikan kepada masyarakat,” ungkap Firdaus.

 

Selain itu, Firdaus menambahkan bahwa nilai ini juga menjadi dasar bagi Disdukcapil untuk melakukan pembenahan layanan. Pihaknya terus mendorong berbagai upaya meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan di Disdukcapil.

“Insya Allah pada tahun 2024, kami akan merencanakan perbaikan-perbaikan lainnya, guna memberikan rasa nyaman dan kebahagiaan kepada semua pengguna layanan,” tambahnya.

Survei dilakukan dengan mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Nomor 14 Tahun 2017, menggunakan kuesioner sebagai alat ukur. Kuesioner tersebut berisi 9 pertanyaan yang sifatnya tertutup namun dapat mewakili jawaban dari setiap responden. Tingginya tingkat pendidikan dapat mempengaruhi jawaban yang diperoleh karena tingkat pendidikan mampu memberikan persepsi yang lebih detail terhadap pelayanan yang diberikan.

“Jumlah responden dari survei ini sebanyak 100 orang, dengan 54 orang laki-laki dan 46 orang perempuan. Tingkat pendidikan SMA menjadi dominasi dalam responden.” Tutupnya.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA