oleh

Pemerintah Bombana Gelar Pelatihan ARG untuk Pemberdayaan Gender

-ADS-146views

Bombana, HarapanSultra , COM /  Pemerintah Kabupaten Bombana, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), khususnya Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga, mengadakan kegiatan advokasi dan pelatihan untuk penyusunan Pelaporan Anggaran Responsif Gender (ARG). Acara ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kab. Bombana, Drs Man Arfa, M.Si., yang mewakili Penjabat Bupati Bombana di Aula Kantor Bappeda Kab. Bombana.Kamis ( 28/03/2024)

Dalam sambutannya, Drs Man Arfa menekankan pentingnya pelaporan anggaran yang responsif gender untuk pembangunan daerah, mengacu pada Inpres No 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam pembangunan nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 67 Tahun 2011.

Sekda Bombana menjelaskan bahwa instansi pemerintah dan non-pemerintah wajib menerapkan PUG dalam perencanaan, pelaksanaan, penganggaran, dan evaluasi program dan kegiatan pembangunan, guna mengurangi kesenjangan gender dan menciptakan keadilan serta kesetaraan gender.

“Keterlibatan partisipasi aktif dari perempuan dan laki-laki sangat diperlukan dalam perencanaan responsif gender di lingkungan pemerintahan untuk menetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan,” ujar Man Arfa.

Kegiatan ini bertujuan agar para perencana dapat menyusun Gender Analysis Pathway (GAP), Terms of Reference (Tor), dan Gender Budgeting Statement (Gbs), yang akan menjadi bagian dari dokumen laporan ARG Kabupaten Bombana dan Indikator Kinerja Kunci (IKK) dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Acara ini juga diharapkan dapat mewujudkan tujuh prasyarat komponen kunci pelaksanaan strategis PUG dan penerapan ARG dalam pembangunan daerah, yang meliputi komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya, data terpilah, alat analisis, dan partisipasi masyarakat.

Hadir sebagai narasumber dalam pertemuan penyusunan laporan ARG adalah Kepala Perangkat Daerah se-Kabupaten Bombana, Kasubag Perencanaan Perangkat Daerah, dan Kecamatan se-Kabupaten Bombana. Partisipasi aktif dari berbagai pihak diharapkan dapat memperkuat komitmen bersama dalam mencapai kesetaraan gender dan pembangunan yang berkeadilan di Kabupaten Bombana.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA