oleh

Sambut HUT Busel VI, Kadis Kesbangpol : Secerca Harapan Untuk Busel Produktif dan berdaya Saing Tahun 2020

Batauga, HarapanSultra.COM | Momentum Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke VI Kabupaten Buton Selatan (Busel) pada tanggal 23 juli 2020 membawa semangat dan harapan menjadikan daerah Pemekaran Kabupaten Buton itu untuk terus meningkatkan Produktifitas dan daya saing dengan daerah lainnya di Sulawesi Tenggara secara khusus dan Nasional secara umum. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Busel. Drs. La Maiminu mengatakan dengan tema yang dipilih Pemkab yaitu “Dengan Hari Jadi Kabupaten Buton Selatan yang ke 6 kita tingkatkan Produktivitas kinerja dan pelayanan Menuju Kabupaten Buton Selatan yang berdaya saing” tersebut, sangat relevan dengan apa yang dicita citakan oleh Bupati Buton Selatan.

” Jika memperhatikan tugas dan tanggung jawab kami sebagai Organisasi Perangkat Daerah yang bertanggung jawab dalam membantu Bapak Bupati Buton Selatan, maka Saya berpendapat bahwa Tema tersebut sangat relevan dengan apa yang dicita citakan oleh H. Laode Arusani sebagai Pimpinan Daerah,” Tuturnya, Senin (22/7/2020).

Ia menyebut di Usia yang masih relatif muda yaitu 6 tahun, Kabupaten Buton Selatan hari ini dibawah kepemimpinan H. Laode Arusani sebagai Bupati telah banyak menorehkan prestasi-prestasi yang patut dibanggakan.

” Salah satu prestasi H. Arusani dalam memimpin Buton Selatan adalah dengan diberikanya Penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) atas Penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang baik dan benar sehingga pihak BPK-RI memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak dua kali baik pada Pemeriksaan Tahun 2018 maupun Pemeriksaan Tahun 2019,” Jelasnya.

Dalam mendukung Pemerintahan agar tercipta Kabupaten Buton Selatan yang berdaya saing, Pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga persatuan dan kesatuan semakin terpelihara dengan baik.

“Pada akhirnya bisa bermuara pada terciptanya kondusifitas pada semua aspek kegiatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Buton Selatan,” Imbuhnya.

Dalam menjalankan Tugas sebagai Kepala Badan Kesbangpol, walau terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam mendukung pencapaian target Pemerintah ia menyebut hal tersebut sangat wajar mengingat sebagai Daerah otonom baru, tentu masih banyak yang perlu dibenahi apalagi Kabupaten Busel jika dianalogikan dengan anak usia Sekolah, Maka Buton Selatan ini baru beranjak masuk Siswa Sekolah Dasar.

Adapun kendala kendala yang dihadapi antara lain, masih adanya pertikaian tapal batas antar Desa, antar Kecamatan dan bahkan antar Kabupaten Buton Selatan dengan Kabupaten Buton dan Kota Baubau.

” Tentu semua ini memungkinkan adanya potensi potensi konflik yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban sehingga jika hal ini tidak diantisipasi maka akan menghambat proses Pembangunan di Buton Selatan,” Urainya.

Salah satu strategi yang dilakukan Pihaknya untuk meminimalisir potensi konflik yaitu dengan menerapkan Program Pembauran yaitu suatu kebijakan yang mengharapkan agar terjadi proses asimilasi antar Desa, antar Kecamatan bahkan antar Kabupaten atau Kota dengan menciptakan perdamaian antara Desa yang satu dengan Desa yang lain, Kecamatan yang satu dengan Kecamatan yang lain dan Kabupaten Buton Selatan dengan kabupaten atau Kota lainya dengan mengedepankan penyelesaian dengan cara cara kekeluargaan.

Dimoment Perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Buton selatan yang keenam tanggal 23 Juli 2020 ini ia berharap menjadi momentum bagi seluruh warga Buton Selatan untuk memelihara keamanan serta meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia khusunya bagi Masyarakat Kabupaten Buton Selatan.

“Jika semua pihak dapat menumbuhkan dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan, maka akan menunjang keberlangsungan Program Pembangunan secara efektif dan efisien agar tujuan dan target Pemerintah Kabupaten Buton Selatan untuk menciptakan Kabupaten yang dapat berdaya saing dapat tercapai,” harapnya

Akhirnya atas nama Pimpinan dan Staf Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buton Selatan mengucapkan Selamat HUT Kabupaten Buton Selatan, Semoga semua harapan kita semua untuk berdaya saing dapat terwujud dibawah kepemimpinan Bapak H. Laode Arusani sebagai Bupati Buton Selatan.

Laporan : Abady Makmur

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA