oleh

Pemkab Busel Siapkan Festival Budaya Buton Selatan, Target Catat Rekor MURI untuk Tarian Linda

Batauga, HarapanSultra.COM | Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawsi Tenggara dibawah Kepemimpinan H. Laode Arusani sebagai Bupati, tengah mempersiapkan penyelenggaraan Festival Budaya Buton Selatan yang bakal digelar mulai tanggal 29 sampai dengan 1 Desember 2019 mendatang, dengan menggelar rapat persiapan sekaligus pembentukan panitia festival, bertempat di aula rapat Kantor Bupati Busel, Senin, (21/10/2019).

Pantauan awak Media HarapanSultra.COM, pada rapat yang dipimpin oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Buton Selatan, Drs. La Siambo, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Busel, LM. Yusuf Hibali, S.Sos, M,Si mengusulkan agar adanya output dan target yang hendak dicapai dari pelaksanaan even bergensi itu.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Busel, LM. Yusuf Hibali, S.Sos, M,Si
Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Busel, LM. Yusuf Hibali, S.Sos, M,Si

Menurut Kepala Dinas yang telah menyelesaikan penyusunan pokok pokok pikiran pengembangan kebudayaan di Kabupaten Beradat itu, bahwa salah satu cara untuk menarik perhatian pemerintah pusat dan wisatawan yaitu dengan menampilkan tarian Linda secara kolosal yang merupakan tarian unik di Kabupaten Buton Selatan dan mencatatkannya di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

” Kita targetkan agar Tarian Linda dapat mendapatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Jika Pemerintah Kabupaten mendapatkan rekor ini, maka hal ini akan menjadi modal tersendiri untuk mendapatkan perhatian dari berbagai pihak termasuk dari Kementrian Kebudayaan.” Usulnya.

Disamping itu, ia yang didaulat sebagai Wakil Ketua II dalam Komposisi Kepanitiaan Festival juga mengusulkan agar undangan untuk pihak Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kebudayaan harus disampaikan lebih awal, mengingat banyaknya agenda dua kementrian tersebut.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Buton Selatan, Laode Harwanto, S.Pd.,MM, saat ditemui disela sela acara rapat, ia menyebutkan bahwa untuk memeriahkan dan mensukseskan kegiatan yang diharapkan menjadi magnet bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara itu, maka seluruh kecamatan dan OPD bakal dilibatkan secara aktif.

” Seluruh Kecamatan dan OPD wajib menjadi peserta festival ini,” Tuturnya.

Dalam rapat tersebut tambahnya, diputuskan Komposisi kepanitiaan untuk menyelenggarakan event budaya di daerah beradat tersebut adalah, Sekertaris Daerah sebagai Ketua Umum, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kabupaten Buton Selatan sebagai Wakil Ketua, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai wakil ketua II,

Laode Harwanto, S. Pd., M.Pd. Kadis Pariwisata Busel
Laode Harwanto, S. Pd., M.Pd. Kadis Pariwisata Busel

Selanjutnya Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buton Selatan ditampuk untuk menduduki posisi sebagai wakil Ketua III, Kemudian, Sekertaris Umum dipercayakan kepada Kepala bagian Administrasi Pemerintahan Umum setda Kabupaten Buton Selatan, Sekretaris Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif diberi posisi sebagai Wakil Sekretaris I,

Wakil sekretaris II diamanahkan kepada Sekretaris Dinas Kebudayaan Dan Wakil sekretaris III dipercayakan kepada Sekretaris Dinas Pendidikan serta Kepala Bagian Keuangan Sekretariat dipercayakan kepada Kepala Bagian Keuangan Setda Kabupaten Buton Selatan.

” Untuk Panitia penyelenggaraan Buton Selatan Festifal 2019 telah dibentuk dan masih menunggu SK dari Bupati Buton Selatan,” Pungkasnya

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA