oleh

Pendamping Desa Kecamatan Lapandewa Fasilitasi Musdes RKPDes

Batauga, HarapanSultra.COM | Untuk mengawal pelaksanaan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Tahun Anggaran 2020, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) dan Pendamping Desa Teknik Insfrastruktur (PDTI) Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara terus memaksimalkan peran dan tugas di Daerah dampinganya.

Hal itu ditandai dengan difasilitasinya pelaksanaan Musyawarah Desa dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) Tahun 2020.

Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Lapandewa La Hamid K, S. Pi melalui release persnya yang disampaikan kepada Media Harapan Sultra, Selasa (18/9/2019) menguraikan Pelaksanaan Musyawarah Desa dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk Kecamatan Lapandewa turut dihadiri oleh Camat, Babinsa, Babingkamtibmas, BPD, Tokoh Masyarakat, Unsur Pemuda, Unsur Perempuan serta Pihak Aparat Desa.

Rangkaian kegiatan dimulai dari tanggal  11 September di Desa Lapandewa, tanggal 12 September di Desa Burangasi, tanggal  13 September di Desa Lapandewa Kaindea, tanggal 14 September di Desa Gaya Baru, tanggal 15 September di Desa Burangasi Rumbia, tanggal 16 September di Desa Lapandewa Jaya dan  tanggal 17 September di Desa Lapandewa Makmur

Mantan Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Napano Kusambi Kabupaten Muna Barat ini menambahkan, Dalam musdes tersebut masing masing Desa mengawali dengan membentuk Tim Penyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa dan Tim Verifikasi usulan kegiatan yang diangkat oleh Masing masing Kepala Desa.

selanjutnya Tim tetsebut akan bekerja sampai dilaksanakanya penetapan RKPdes yang akan dilaksanakan pada Bulan Oktober 2019.

Terpisah, Tenaga Ahli PMD Kabupaten Buton Selatan, Abady Makmur, S, IP mengatakan bahwa pihaknya mengharapkan agar Semua Tenaga Pendamping Profesional senantiasa mengawal Desa Desa dalam penyususnan Rencana kerja Pemerintah Desa (RKPdes) dengan fokus pada fasilitasi penyiapan rancangan Peraturan Desa tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2020 dengan memperhatikan regulasi yang terkait dengan penyusunan Peraturan Desa.

Laporan : AM

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA