oleh

Perayaan Makna Hari Guru: Mengenang, Merenung, dan Menginspirasi Masa Depan Pendidikan

-ADS-1138views

Bombana, Harapan Sultra COM / Desa Rakadua Kecamatan Poleang Barat menjadi saksi peringatan yang penuh semangat untuk memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-78 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023. Acara tersebut dipimpin oleh Ir. H. Burhanuddin, M.Si, yang menjabat sebagai Penjabat Bupati Bombana.Sabtu (04/11/2023)

Dalam sebuah upacara yang penuh makna, berbagai tokoh penting turut hadir untuk mengapresiasi peran guru. Tampak di antaranya adalah Perwakilan Ketua DPRD Kabupaten Bombana, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, Asisten/Staf Ahli Setda Bombana, para Kepala OPD, Forkopimcam, Ketua PGRI Bombana, Dewan Pendidikan, serta segenap pengurus dan anggota PGRI Kabupaten Bombana. Seluruh undangan dari berbagai lapisan masyarakat serta siswa-siswi pelajar turut menyemarakkan perayaan tersebut.

Pj. Bupati Burhanuddin dalam sambutannya menggambarkan betapa mulianya tugas dan tanggung jawab seorang guru. Ia menekankan pentingnya peran mereka dalam mewujudkan cita-cita negara,

“Terutama dalam mencetak Generasi Emas pada tahun 2045 yang tidak hanya cerdas secara intelektual (IQ) dan emosional (EQ), tetapi juga memiliki moral dan ketaqwaan yang tinggi.” UcapNya.

Menanggapi era Program Merdeka Belajar, Bupati menyuarakan gagasan pendirian Komunitas Orang Tua Murid. Tujuan dari komunitas ini adalah untuk turut serta dalam memberikan pendidikan di rumah, melalui kerjasama antara orang tua murid dengan para pendidik di sekolah.

“Hal ini didorong oleh pemahaman bahwa waktu belajar murid lebih banyak dihabiskan di lingkungan rumah ketimbang di sekolah.” Beber Mantan PJ Bupati Konkep tersebut.

Lebih jauh dalam refleksi kebelakang, Pj. Bupati mengungkapkan peristiwa bersejarah pada tanggal 25 November 1945, di mana puluhan organisasi guru bersatu untuk membentuk PGRI sebagai wadah perjuangan dalam memperjuangkan kedaulatan NKRI dan memajukan pendidikan nasional.

Pada akhir sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Republik Indonesia atas penghargaan yang diberikan dengan menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

“Selamat Hari Ulang Tahun PGRI ke-78 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023. Semoga PGRI di masa depan semakin solid, semakin membanggakan, dan semakin profesional,” Tutup Burhanuddin sebagai penutup acara, mewakili Pemerintah Daerah Bombana.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA