oleh

Perkenalkan Transaksi Non Tunai, Tafdil Instruksikan SKPD miliki SDM Pendukung

-Head Line-1833views

Bombana, Harapansultra.com | Upaya ciptakan tata kelola keuangan yang bersih, transparan, dan akuntabel, Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bekerjasama dengan Bank BPD mensosialisasi Implementasi Transaksi Non Tunai, Kamis (21/3/2019).

Acara yandi gelar di Ruang Aula kantor Bupati Bombana itu dihadir oleh Asisten yang membidangi Perekonomian dan pembangunan, Sekretaris Daerah serta Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab dan dibuka dibuka resmi oleh H. Tafdil langsung.

Dalam sambutannya, Tafdil menyampaikan bahwa percepatan implementasi transaksi non tunai merupakan salah satu rencana aksi dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Terkait hal itu, Bupati Dua Priode itu menginstruksikan untuk segera membuat aturan-aturan yang mendukung pelaksanaan implementasi Transaksi Non Tunai secara penuh, termasuk menyiapkan infrastruktur dan sistem pendukung lainnya.

“Dengan adanya program ini, kita harus segera memili aturan yang mendukung dalam pengimplementasiannya seperti aplikasi informasi yang terintegrasi antar SKPD,” Ucap Tafdil.

Selain itu lanjut Tafdil, SKPD juga harus segera menyiapkan Sumber Daya Manusia yang mampu mendukung pelaksanaan Transaksi Non Tunai tersebut.

“Nantinya Transaksi Non Tunai akan menggunakan instrumen berupa alat pembayaran dengan kartu, cek, bilyet, giro, uang elektronik, dan sejenisnya, jadi harus miliki kemampuan operasikan semua itu,” lanjutnya.

Kata dia, melalui Transaksi Non Tunai bisa mencegah kehilangan dan musiah lain nya seperti pencurian, perampokan serta dapat memudahkan dalam pemeriksaan dan pelaporan penggunaan anggaran.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Darwin Ismail melaporkan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk membangun pemahaman dan komitmen yang sama terkait penerapan transaksi non tunai dalam pelaksanaan APBD Kabupaten bombana, Transaksi non tunai diperlukan seiring perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat, dan berdampak secara signifikan pada perubahan-perubahan disemua bidang termasuk dalam pengelolaan keuangan daerah yang makin modern, dengan ditandai perubahan paradigma menuju digital berbasis teknologi informasi dan komunikasi, yang diarahkan pada ketersediaan informasi data yang menghubungkan antar instansi secara cepat, tepat, akurat, dan akuntabel.

Terkait implementasi transaksi non tunai di Kabupaten bombana, telah dilaksanakan oleh beberapa Perangkat Daerah khususnya untuk gaji dan tunjangan. Hal tersebut sesuai dengan amanat Surat Edaran Menteri Dalam Negeri.

Laporan: Fendi.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA