oleh

PT. Hillcon Jaya Sakti Disebut Tidak Komitmen Berdayakan Tenaga Kerja Lokal Bombana

PT. Hillcon Jaya Sakti site TMS Lakukan perekrutan karyawan  diluar Kabupaten Bombana, Mayarakat lokal alami kesulitan untuk mendaftar dan mengakses informasi.

Rumbia, HarapanSultra.COM | Komitmen memprioritaskan dan pemberdayaan tenaga kerja lokal dalam perekrutan karyawan PT. Hillcon Jaya Sakti site PT. Tomia Mitra Sejahtera (TMS) dipertanyakan banyak pihak.

Pasalnya saat perusahaan yang bergerak dibidang Penyewaan Alat Konstruksi dan Operator yang beroperasi di Pulau Kabaena, Kabupaten  Bombana, Sulawesi Tenggara itu diduga melakukan perekrutan karyawan  diluar Kabupaten Bombana, sehingga mayarakat lokal mengalami kesulitan untuk mendaftar dan mengakses informasi.

Hal tersebut disampaikan Yudi Sanrego salah satu warga Kabupaten Bombana, menurutnya dengan melakukan perekrutan  karyawan di Luar Kabupaten secara otomatis mengurangi kesempatan bagi warga lokal untuk mendapatkan informasi dan kesempatan mendaftar.

“Jika perekrutan karyawan ini dilakukan diluar Bombana, maka sudah bisa dipastikan bahwa jangankan untuk bisa mendaftar, untuk tahu saja bahwa ada lowongan kerja saya yakin warga lokal tidak semua bisa tau itu,” Bebernya

Seharusnya lanjut yudi jika kebutuhan karyawan hanya seputar tenaga kerja driver, mekanik, Foreman Mekanik, SVP Mekanik, Tyreman, Electrik dan Pengawas Produksi Nikel, sumber daya manusia tersebut banyak dimiliki oleh warga lokal Bombana.

“Ini menunjukkan tidak ada itikad baik perusahaan untuk memberdayakan masyarakat lokal, padahal dampak yang timbul dengan aktifitas perusahaan tersebut yang merasakan justru masyarakat lokal itu sendiri,” sebutnya

Untuk itu, Yudi berharap agar perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bombana dalam perekrutan karyawan dapat melakukan kordinasi pada pemerintah setempat dalam hal ini Dinas ketenaga kerjaan kabupaten Bombana  agar akses informasi dan kesempatan kerja tersebut dapat disampaikan secara terbuka ke masyarakat.

“Jangan lagi  terjadi seperti PT. Hillcon ini, tempat menggarap dan kerjanya di Bombana tapi rekrutnya ditempat lain sebab ini dianggap perusahaan tersebut indikasinya tidak menghargai keberadaan dan tugas dari dinas ketenaga kerjaan bombana ,” Geramnya

Diketahui PT. Hillcon Jaya Sakti membuka pendaftaran kerja untuk penempatan pulau Kabaena, Kabupaten Bombana di Kota Kendari, Makassar, Manado dan Kolaka namun di Kabupaten Bombana sebagai lokasi kerja tidak dibuka pendaftaran.

Hingga berita ini dirilis, pihak perusahaan belum memberikan tanggapan. (IS)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA