oleh

PT. Panca Logam Kembali Menambang, Pemerintah dan Masyarakat Bombana “Kecolongan”

Rumbia, HarapanSultra.COM | Forum Advokasi Masyarakat Areal Tambang (Format) Kabupaten Bombana meminta Pemerintah menghentikan aktivitas PT. Panca Logam Makmur, pasalnya perusahaan yang bergerak dibidang Pertambangan Emas itu dinilai punya rekam jejak buruk dalam pengelolaan tambang emas di bombana sehingga berpotensi kembali menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Asri, Koordinator Divisi Pendampingan Masyarakat Terdampak, Format Bombana pada awak media HarapanSultra.COM, Senin (18/11/2019).

Menurut aktivis yang fokus pada pendampingan masyarakat itu, Pemerintah dan masyarakat Bombana “kecolongan” dengan kembali beraktivitasnya PT. Panca Logam Makmur hal itu karena berbagai kewajiban peusahaan baik terhadap masyarakat maupun lingkungan dan kepada Pemerintah diduga kuat hingga saat ini belum ditunaikan.

” Bukannya menyelesaikan dulu kewajibannya yang lalu, sekarang sudah datang lagi membuat kerusakan baru,” Geramnya

Untuk itu lanjutnya, ia berharap agar Pemerintah baik Pemerintah daerah maupun pemerintah Pusat sesuai dengan kewenangannya dapat meninjau ulang atau menghentikan aktivitas perusahaan tersebut hingga kewajiban dan prosedur perpanjangan Izin dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta melibatkan peran serta masyarakat sebagai objek yang berpotensi besar terkena dampak dari aktivitas tambang emas tersebut.

” Kami harap pemerintah tidak tinggal diam dengan aktivitas perusahaan ini, karena perusahaan ini sudah beraktivitas tanpa ada sosialisasi sebelumnya kepada masyarakat apalagi perusahaan ini punya rekam jejak yang kurang baik dalam pengelolaan tambang emas di Bombana ini,” Tegasnya

Dikonfirmasi dikantornya, Ketua DPRD Kabupaten Bombana, Arsyad, S.Pd mengaku baru mengetahui bahwa PT. Panca Logam kembali beraktivitas melakukan penambangan emas setelah membaca pemberitaan di Media ini.

Arsyad, S.Pd Ketua DPRD Bombana
Arsyad, S.Pd Ketua DPRD Bombana

” Terus terang saja, saya baru mengetahui bahwa PT. Panca Logam sudah mulai bekerja kembali itupun dari pemberitaan media ini yang kami baca dan saya belum pernah melihat secara langsung,” Sebutnya

Kendati demikian Politisi sekaligus Ketua Partai Nasdem Bombana itu berjanji bakal mengkroscek langsung dilapangan sekaligus melakukan kordinasi dengan instansi terkait untuk mengetahui kebenaran sekaligus untuk mengetahui lebih jauh tentang aktivitas dan perizinan yang dikantongi perusahaan.

” Saya memang sudah mendengarkan tentang aktivitas perusahaan itu dari teman teman, namun saya tidak serta merta harus mempercayai itu makanya dalam waktu dekat ini kami akan melakukan kordinasi dengan instansi terkait khususnya Dinas Pertambangan dan Dinas Penanaman Modal Provinsi agar ini lebih jelas lagi,” Pungkasnya (IS)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA