oleh

Salurkan Langsung BLT, Bupati Muna Berpesan Agar Tak Ada Warga Luput Dari Pendataan

-Head Line-11.548 views

MUNA, HarapanSultra.Com | Bupati Muna, LM Rusman Emba kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) Tahun 2020 secara langsung di Empat Kecamatan yaitu Kecamatan Duruka, Maligano, Batukara dan Wakorumba Selatan. Kamis (14/5/2020).

Kepada awak media ini, orang nomor satu di Bumi Sowite berpesan agar masyarakat penerima BLT dapat manfaatkan dan menggunakan dana tersebut sebaik mungkin serta bagi masyarakat yang belum mendapat bantuan yang ada saat ini agar tidak perlu khawatir namun menyampaikan keluhannya kepada para kepada Kepala Desa dan Camat masing masing karna di samping BLT Dana Desa juga telah siapkan dana bantuan melalui APBD.

“Saya berharap kepada Kepala Desa dan camat agar terus lakukan koordinasi kepada warganya, karena sekali lagi pemerintah saat ini telah siap. Masyarakat tinggal sampaikan Insya Allah akan diantarkan apa yang menjadi kebutuhannya,” Tutur Mantan Senator DPD RI Itu.

Mantan senator DPD RI itu menjelaskan saat ini di Kabupaten Muna, dari 12 orang positif Covid-19, tiga orang diantaranya telah dinyatakan sembuh sehingga yang positif tersisa 9 orang dan dari hasil Rapi Tes Delapan orang yang sebelumnya positif saat ini hasilnya negatif sehingga tinggal menunggu hasil swab.

“Kita berdoa semua mudahan-mudahan Muna terhidar dari virus ini dan yang kena penyakit kembali sehat,” Tuturnya.

tak hentinya Rusman Emba berpesan agar masyarakat tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, tetap menggunakan masker jika beraktivitas diluar dan menerapkan sosial dan physical distancing untuk memutus mata rantai penularan virus Corona.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Muna, Rustam, mengingatkan kepada para Camat dan Kepala Desa setempat agar jangan sampai ada kesalahan dalam pendataan dimana warga yang seharusnya dapat namun tidak terdata.

“Dalam pendistribusian BLT DD saya kira aturannya jelas, warga yang wajib menerima merupakan warga yang tidak terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” terang Rustam.

Ia menambahkan jika besaran BLT DD yang diterima Rp. 600 ribu per bulan dengan total yang diterima sebesar Rp. 1,8 juta selama tiga bulan nyakni Maret-Juni.

“Tidak sampai disitu, penerima harus pastikan besaran yang diterima Rp. 600 ribu, jika kurang sepersen pun segara adukan maka kita akan proses hukum pelaku pemotongan,” ungkapnya.

“Data penerima BLT itu sudah valid dan akurat. Jangan percaya dengan isu-isu berbau provokasi yang dapat memecah belah persatuan kita,” tegasnya Rustam

Pewarta : Borju

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA