oleh

Satgas Covid-19 Bombana, Keliling Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona

HarapanSultra.COM, Rumbia  | Satuan Tugas Penganan Corona Virus (Covid-19) Kabupaten Bombana melakukan sosialisasi pencegahan penularan Covid-19 dengan cara keliling memberikan himbauan kepada masyarakat se Kecamatan Rumbia, Rumbia Tengah, Rarowatu Utara dan Lantari Jaya, Kamis (2/4/2020).

Disamping memberikan himbauan menggunakan pengeras suara, Satgas Covid-19 juga membagikan brosur tentang prosedur pencegahan covid-19 kepada masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

Ditemui disela sela sosialisasi, Salah satu Anggota Satgas bidang Edukasi. Muhammad Adnan menuturkan kegiatan sosialisasi keliling tersebut merupakan tindak lanjut dari surat edaran bupati bombana nomor 420/553/2020 tentang pencegahan corona virus desease (covid 19).

Aktivis Bombana itu menyebutkan poin penting dari surat edaran tersebut yaitu bagi Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk memantau warga masyarakat agar tidak melakukan perjalanan ke daerah yang terpapar virus corona.

Adapun Daerah yang dimaksud adalah Bali, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Lampung, Riau, Kendari dan konawe.

” Apabila diketahui ada warga yang baru tiba dari luar daerah agar proaktif untuk melaporkan kepada satgas terdekat,”  Beber Adnan.

Pada sosiasiasi tersebut lanjut Adnan juga disampaikan beberapa himbauan kepada masyarakat yaitu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker apabila batuk dan pilek, mengkomsumsi  sayur dan buah serta rajin melaksanakan aktifitas fisik setiap hari.

Masyarakat juga dihimbau agar tetap waspada dan jangan panik, jaga jarak dan kontak  fisik dengan orang lain, apabila ada gejala batuk dan sesak nafas atau demam tinggi  segera menghubungi tim satgas  di desa dan Kecamatan terdekat atau memeriksakan diri pada tim medis terdekat.

“Himbauan keliling ini dilakukan semata mata agar masyarakat betul betul paham dan dapat menerapkan prosedur pencegahan covid-19 sebagaimana anjuran pemerintah,” Pungkasnya.

Pantauan media ini Kegiatan sosialisasi keliling tersebut melibatkan Dinas Kominfo Bombana, Satpol PP Bombana dan Beberapa Instansi Teknis lainnya (IS).

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA