oleh

Sejarah Kabupaten Bombana Bakal segera Dibukukan

Bombana, Harapan Sultra.COM | Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kebupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) di dampingi Peneliti Sejarah dan Kebudayaan Daerah dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Haluoleo melakukan penelitian dan penulisan Sejarah terbentuknya Bombana menjadi Kabupaten.

Kapala Bappeda Bombana, Sulkarnain Arif menuturkan, usulan penulisan sejarah di lakukan sebab Bombana telah 15 tahun berdiri sendiri menjadi sebuah Kebupaten, namun belum ada sejarah tertulis yang dapat diwariskan.

“Bombana sudah mekar sejak tahun 2003 lalu, sudah cukup lama. Tapi sejarah tentang daerah ini belum di muat secara tertulis, hingga kami usulkan supaya ada yang bisa diwariskan untuk generasi kedepannya,” terang Sulkarnain kepada harapansultra.com setalah bubar dari seminar awal Proposal Penelitian sejarah daerah yang di diami etnis Moronene tersebut, Senin (26/11/2018).

Sesuai petunjuk BPK tambah Sulkarnain, penulisan sejarah daerah tidak lagi masuk dalam belanja jasa, melainkan masuk pos anggaran belanja modal.

Suassana seminar awal terkait Rencana Penelitian Sejarah Bombana
Suassana seminar awal terkait Rencana Penelitian Sejarah Bombana

Dalam kesempatan yang sama, ketua Tim Peneliti, Dr. H. Rekson Solo Limba, M. Si mengungkapkan, tujuan kegiatan seminar awal terkait Rencana Penelitian tersebut adalah semata untuk menyatukan persepsi sejarah dan menentukan dasar konsistensi muatan penelitian dan penulisan sejarah Bombana.

“Kita mau menyatukan persepsi sejarah dalam tentang daerah Bombana, paling tidak ada dasar kita untuk konsisten dalam pemahaman sejarah,” telasnya.

Hal senada diutarakan Basrin Melamba, S. Pd, M.A menurutnya penelitian itu merupakan upaya Kostruksi dan deskontruksi sejarah pembentukan kabupaten Bombana dan lokalitas dinamika politik tertentu.

“Akan dilakukan penelitian sejarah kabupaten bombana dalam kurun waktu tahun 1948 sampai tahun 2003” Bebernya

Berdasarkan MOU selama masa Penelitian, Pemda setempat didampingi oleh Tim yang di pimpin langsung oleh Pakar Sejarah Dr. H. Rekson Solo Limba, M. Si yang dibantu oleh Drs. Asrun Lio, M. Hum, Ph. D dan Basrin Melamba, S. Pd, M.A.

 

Pewarta : Hir Abrianto.

Editor    : Idris

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA