oleh

Sekseskan Festival Budaya Muna 2018, Pemkab Gelar Kegiatan Tradisi Karya dan Katoba

MUNA, HarapanSultra.COM | Dalam rangka mensukseskan kegiatan festival budaya tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Muna mulai  mengadakan kegiatan Karya dan Katoba yang akan di lakasanakan pada malam jumat ( 28/12) bertempat  di Museum Rumah Adat Bharugano Wuna Kabupaten muna Sulawesi Tenggara ( Sultra).

Ashar Dulu Kadis Dikbud Muna menyampaikan kepada media harapansultra.Com bawah pada kegiatan Ini pemerintah akan fokus  menampilkan tradisi Muna dan adat budaya Muna yang tidak ada ditempat lain  diantaranya pelaksanaan prosesi.

“Saat ini kami tengah membahas dan mendiskusikan,bagaiamana dalam festival budaya Muna ini, Kita bisa menampilkan sejarah dan peninggalan adat budaya Muna karena ini sangat penting untuk diketahui kalangan masyarakat Kabupaten Muna.” ujar Ashar

Kadis Dikbud Muna juga menambahkan sesuai tradisi yang mereka miliki, dimana tradisi  “Katoba” bagi masyarakat Muna merupakan pensucian seoarang anak yang di Katoba untuk menjadi Islam yang sejati dan pada dasarnya Katoba bertujuan menyampaikan kepada anak yang hendak remaja untuk selalu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangnya.

“Disamping itu ada juga “Karia”, yakni prosesi yang sangat penting bagi anak perempuan di Muna. Dimana prosesi ini hanya dilaksanakan bagi anak perempuan yang akan memasuki usia dewasa, dan terdapat simbol-simbol yang sangat mengandung makna penting dalam prosesi Karia dan menjadi bekal bagi anak perempuan yang di karia kan dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.” terangnya.

Untuk diketahui kegiatan Karya dan Katoba yang dilaksanakan di Museum Rumah Adat Muna diikuti perwakilan masing masing kecamatan. Untuk Karia setiap kecamatan mengutus 1 orang Untuk Katoba setiap Kecamatan mengutus 2 orang masing masing 1 putra 1 putri. Rangkaian kegiatan akan berlangsung mulai malam ini sampai tgl 31 Desember 2018.

“Diakhir kegiatan nantinya Pemda Muna akan menggelar zikir akbar yang akan di selenggarakan Pada Malam Pergantian Tahun 2018 ke 2019.dan kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan dengan harapan,dapat menjadi kegiatan Nasional yang secara rutin diselenggarakan seperti di daerah lain.” pungkasnya. (Borju)

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA